Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simone Manuel Ukir Sejarah Baru di Renang Putri AS

Kompas.com - 12/08/2016, 15:05 WIB
Anju Christian

Penulis

Sumber Team USA

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.com - Simone Manuel menjadi perenang Afro-Amerika pertama yang meraih medali Olimpiade dalam lomba perseorangan putri.

Hal itu dipastikan setelah Manuel memenangi nomor 100 meter gaya bebas perseorangan putri, Jumat (12/8/2016). Dia memecahkan rekor dengan catatan waktu 52,7 detik.

Catatan waktu serupa dibukukan perenang asal Kanada, Penny Oleksiak. Oleh karenanya, panitia memberikan medali emas untuk Manuel dan Oleksiak serta meniadakan medali perak.

Kemenangan ini lantas membuat Manuel bangga. Namun, dia berharap agar prestasinya bisa menghapus diskriminasi terhadap kaum Afro-Amerika.

"Saya sangat senang dengan fakta bahwa diri saya telah menjadi inspirasi untuk orang lain. Namun, saya berharap ada banyak orang seperti kami dan menghilangkan sebutan Simone, si perenang berkulit hitam," ucap Manuel.

"Sebutan perenang berkulit hitam seolah menunjukkan bahwa saya tidak seharusnya memenangi medali emas atau memecahkan rekor," kata dia.

Kesuksesan Manuel turut disaksikan oleh dua kak laki-lakinya, Chris Manuel dan Ryan Manuel. Keduanya tidak lepas dari kredit Simone Manuel.

Kompas TV Karnaval Samba Digelar Menyambut Olimpiade 2016
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com