Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tim Balap Sepeda DKI Mantapkan Tim di China

Kompas.com - 22/04/2016, 08:53 WIB

GUIYANG, KOMPAS.com - Tim balap sepeda DKI Jakarta yang akan terjun di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) 2016 pada September mendatang tengah melakukan pemantapan tim di China.

Pengurus Provinsi Ikatan Sepeda Sport Indonesia (Pengprov ISSI) DKI mengirimkan sejumlah atlet mudanya untuk mengikuti The China 2016 - Zunyi Chishui River Valley International Cycling Race, lomba balap sejauh 156 kilometer, pada Sabtu (23/4/2016).

"Sudah puluhan tahun ISSI DKI menjalin kerja sama dengan penyelenggara kejuaraan tersebut. Kami diundang langsung oleh mereka," ujar Hendi Rachmat, manajer tim, yang dihubungi Kompas.com via pesan singkat, Jumat (22/4/2016) pagi WIB.

"Atlet yang kami turunkan pada turnamen ini merupakan hasil rekrutan 2013 lalu. Mereka belum pernah berlaga di ajang internasional. Sekalian mereka refreshing setelah berbulan-bulan jalani pemusatan latihan di Subang. Namun, target kami juara!," tuturnya lagi.

ISSI DKI mengirimkan Yudo, Dhika, Jou, Faisal, dan Fikri. Usia mereka ada pada kisaran 19-20 tahun. Para pebalap itu akan ditemani pelatih Wawan Saefullah.

ISTIMEWA Tim balap sepeda DKI Jakarta yang akan tampil pada kejuaraan di China bersiap berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (22/4/2016).

"ISSI DKI hampir tidak ada regenerasi antara 2001 dan 2013. Tahun ini, kami mencoba melakukan regeneasi, termasuk manajer. Hal ini agar tiap pengurus memiliki pemahaman dan kemampuan setara," ujar Hendi.

Diakui Hendi, apa yang tengah dilakukan tim balap sepeda DKI saat ini sudah sesuai dengan anjuran Ketua Umum PB ISSI, Raja Sapta Okto, dan Ketua Pengprov DKI, Aryo Bimo Anindito.

"Berperang itu keluar, di dalam ISSI juga harus rekonsiliasi berbagai bidang," ucap Hendi menirukan amanat dari Ketum ISSI.

Hadirnya komunitas-komunitas sepeda dengan latar belakang beragam diakui Hendi sangat membantu organisasinya. Sinergi itu diharapkan bisa berujung prestasi.

"Dengan balap sepeda, kami bantu pemerintah merevolusi mental anak-anak muda agar lahir generasi tangguh, tabah, tahan banting, dan berprestasi," kata Hendi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com