Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamilton Menangi Persaingan Sengit dengan Rosberg di Spanyol

Kompas.com - 11/05/2014, 20:58 WIB
BARCELONA, KOMPAS.com -- Lewis Hamilton memenangi persaingan sengit melawan rekan satu timnya, Nico Rosberg, untuk merebut podium pertama GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Minggu (11/5/2014). Bagi Hamilton, ini adalah kemenangan keempat secara beruntun musim ini.

Para pebalap memulai balapan hari ini dengan memakai ban medium. Hamilton dan Rosberg mengawali start dengan baik dari baris terdepan. Valtteri Bottas yang start dari posisi empat naik ke urutan ketiga menggeser Daniel Ricciardo.

Hamilton berhasil memperlebar keunggulan atas Rosberg di posisi kedua pada setiap putaran. Berkali-kali, pebalap Inggris tersebut mencatat waktu tercepat.

Perebutan tempat kelima terjadi antara Romain Grosjean dari Lotus dan Kimi Raikkonen yang kini memperkuat Ferrari. Setelah beberapa kali putaran dan juga pit stop, Raikkonen akhirnya berhasil melewati Grosjean saat balapan baru saja memasuki putaran ke-25 dari total 66.

Pada putaran berikutnya, Fernando Alonso juga berhasil melewati Grosjean. Sementara itu di depan, Hamilton masih memimpin atas Rosberg, Ricciardo, dan Bottas.

Tim Mercedes meminta Hamilton melakukan pit stop pada akhir putaran ke-42, tetapi ditolak. Kru tim pun kembali menyelimuti ban keras yang sudah disiapkan. Hamilton akhirnya masuk setelah menyelesaikan putaran ke-43. Satu lap berikutnya, giliran Rosberg yang melakukan pit stop.

Hamilton mengeluhkan bahwa dia terlalu awal melakukan pit stop terakhirnya tesebut, tetapi timnya meyakinkan bahwa dia masih berada pada strategi terbaik.

Sebelumnya, Hamilton juga meminta info detail pada setiap putaran. Tim menanggapi dengan serius permintaan tersebut dengan memberi info di mana dia lebih lambat atau lebih cepat dibanding Rosberg yang terus menempel di belakangnya.

Kedua pebalap ini bergantian mencatat waktu putaran tercepat. Mereka seperti sedang bersaing sendiri saat pebalap lain tertinggal 45 detik lebih. Bahkan mereka sudah melakukan dua kali over lap.

Sebastian Vettel beberapa kali mencatat waktu tercepat dan berhasil merebut posisi kelima setelah melewati Raikkonen pada lap ke-58.

Memasuki enam putaran terakhir, persaingan makin memanas antara Hamilton dan Rosberg yang terpisah di bawah dua detik. Hal sama juga terjadi antara duo Ferrari, Raikkonen dan Alonso, yang berebut tempat kelima. Memasuki putaran ke-64, Alonso akhirnya berhasil melewati Raikkonen.

Sementara itu, Vettel berhasil melewati Bottas dan mendapatkan tempat keempat, di belakang rekan satu timnya, Ricciardo.

Persaingan duo Mercedes berakhir dengan Hamilton keluar sebagai pemenang. Bagi pebalap Inggris tersebut, ini merupakan kemenangan keempatnya secara beruntun musim ini. Kemenangan ini juga mengantar Hamilton naik ke urutan pertama klasemen dengan 100 poin.

Ricciardo menyusul finis di urutan ketiga, disusul Vettel dan Bottas di posisi keempat dan kelima. Alonso dan Raikkonen finis di urutan keenam dan ketujuh.

Hasil GP Spanyol, Minggu (11/5/2014):

1. Lewis Hamilton Britain Mercedes-Mercedes 66 laps 1hr 41m 05.155s
2. Nico Rosberg Germany Mercedes-Mercedes +00m 00.6s
3. Daniel Ricciardo Australia Red Bull-Renault +00m 48.9s
4. Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault +01m 16.5s
5. Valtteri Bottas Finland Williams-Mercedes +01m 19.0s
6. Fernando Alonso Spain Ferrari-Ferrari +01m 27.4s
7. Kimi Raikkonen Finland Ferrari-Ferrari +1 lap
8. Romain Grosjean France Lotus-Renault +1 lap
9. Sergio Perez Mexico Force India-Mercedes +1 lap
10. Nico Hulkenberg Germany Force India-Mercedes +1 lap

11. Jenson Button Britain McLaren-Mercedes +1 lap
12. Kevin Magnussen Denmark McLaren-Mercedes +1 lap
13. Felipe Massa Brazil Williams-Mercedes +1 lap
14. Daniil Kvyat Russia Toro Rosso-Renault +1 lap
15. Pastor Maldonado Venezuela Lotus-Renault +1 lap
16. Esteban Gutierrez Mexico Sauber-Ferrari +1 lap
17. Adrian Sutil Germany Sauber-Ferrari +1 lap
18. Jules Bianchi France Marussia-Ferrari +2 laps
19. Max Chilton Briton Marussia-Ferrari +2 laps
20. Marcus Ericsson Sweden Caterham-Renault +2 laps

Rtd Kamui Kobayashi Japan Caterham-Renault 36 laps completed
Rtd Jean-Eric Vergne France Toro Rosso-Renault 26 laps completed

Fastest lap:
Sebastian Vettel Germany Red Bull-Renault 1m 28.918s lap 55

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com