Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LeBron James Ikuti Jejak Michael Jordan dan Larry Bird

Kompas.com - 27/12/2013, 12:52 WIB
Norma Gesita

Penulis

Sumber AP


MIAMI, KOMPAS.com - Forward Miami Heat, LeBron James menerima penghargaan dari media Amerika Serikat, AP (Associated Press) sebagai Male Athlete of the Year, Kamis (26/12/2013). James merupakan pemain NBA ketiga yang menerima penghargaan ini dan bergabung dengan Michael Jordan dan Larry Bird.

James menerima 31 dari 96 vote yang masuk, mengalahkan atlet American Football, Peyton Manning yang mendapat 20 vote.

"Target saya lebih besar daripada menjadi seorang pemain basket. Saya ingin menginspirasi orang banyak, terutama anak-anak. Jika anak-anak bisa melihat saya sebagai penutan, pemimpin, pahlawan, itu sangat berarti untuk saya, dan inilah yang ingin saya wujudkan," aku James.

"Saya memang tidak berpikir kalau saya banyak berubah tahun ini. Saya hanya mengembangkan kemampuan sebagai pemain basket. Selain itu saya hanya bertambah dewasa sebagai kapten, sebagai seorang ayah, suami, dan teman," tambah pebasket 28 tahun ini.

James membawa Heat meraih gelar juara pada dua musim sebelum ini. Ia sekaligus dianugerahi gelar MVP pada dua musim tersebut. Masa kontrak James bersama Heat akan habis tahun depan. Ayah dua anak ini dikabarkan akan kembali pada timnya empat tahun lalu, Cleveland Cavaliers. Namun, James belum mengatakan dengan jelas rencananya untuk 2014.

Atlet selain James yang pernah menerima penghargaan ini adalah Joe Louis, Jesse Owens, Muhammad Ali, Carl Lewis, Joe Montana, Tiger Woods, dan Michael Phelps. Petenis putri, Serena Williams menerima penghargaan sebagai Female Athlete of the Year yang diumumkan pada Rabu (25/12/2013).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com