Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/04/2016, 08:20 WIB
Pipit Puspita Rini

Penulis

SAKHIR, KOMPAS.com - Manor Racing meraih hasil positif pada balapan GP Bahrain di Sirkuit Internasional Bahrain, Sakhir, Minggu (3/4/2016). Kedua pebalap Formula 1 asal tim ini bisa menyelesaikan balapan selama 57 putaran.

Rio Haryanto (Indonesia) meraih finis pertamanya musim ini. Pada seri pertama di Australia, dua pekan lalu, dia gagal menyelesaikan balapan karena masalah mesin.

"Rasanya luar biasa melihat chequered flag hari ini. Rasanya senang bisa menyelesaikan balapan, yang jadi pengalaman penting bagi saya dan tim karena ini bisa memberi kami data tambahan untuk menganalisis dan mengembangkan mobil," kata Rio usai balapan.

Rio mengaku melakukan start dengan baik dan dia sempat berada di antara pebalap Sauber dan Renault. Namun, dia juga sempat mengalami masalah degradasi ban yang menghambat lajunya.

"Sirkuit Internasional Shanghai (GP China) merupakan sirkuit yang saya tahu dengan baik. Saya menantikan untuk membuat hasil bagus lainnya di sana," ucap pebalap 23 tahun tersebut.

GP China yang merupakan seri ketiga Formula 1 2016 akan berlangsung pada 15-17 April.

Pascal Wehrlein (Jerman) membalap lebih fatastis. Pebalap Jerman ini menutup balapan dengan finis di urutan ke-13.

"Tadi adalah balapan luar biasa buat saya. Saya bahkan tidak bisa membandingkannya dengan balapan di Melbourne karena ini jelas-jelas balapan yang berbeda," kata Wehrlein.

Menurut pebalap 21 tahun tersebut, MRT05 yang dia kendarai terasa lebih baik. Dia juga bisa mengatur penggunaan ban dengan lebih baik.

"Terjadi sedikit kekacauan pada awal balapan, tetapi itu terjadi di tengah, jadi tidak masalah. Saya mengawali start dengan baik dan bisa menghindari terjadinya kontak dengan mobil lain," akunya.

Wehrlein yang memulai balapan dari posisi ke-16 beberapa kali membuat kejutan, termasuk saat melewati pebalap Force India, Nico Hulkenberg dan Sergio Perez, yang akhirnya finis di posisi ke-15 dan ke-16.

"Saya berterima kasih kepada seluruh tim saya. Saya mendapatkan mobil yang luar biasa dan menyenangkan melihat seberapa besar potensi yang kami miliki. Saya tidak sabar menantikan balapan di China," ucap juara DTM 2015 tersebut.

Balapan 57 putaran tersebut akhirnya dimenangi pebalap Mercedes, Nico Rosberg. Kimi Raikkonen (Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes) melengkapi podium dengan finis di posisi kedua dan ketiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com