Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Subhan: Reli Ini Semoga Jadi Obat Kegagalan

Kompas.com - 12/10/2013, 08:54 WIB
Emilius Caesar Alexey

Penulis

MEDAN, KOMPAS.com — Pereli nasional Subhan Aksa berharap dirinya dapat memenangi Indonesia Rally 2013 di Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Subhan sangat menginginkan kemenangan di ajang ini sebagai obat atas serangkaian kegagalannya sepanjang tahun 2003.

"Di ajang WRC2 dan Kejurnas Reli, saya sudah menjalani lima kali reli dan selalu mengalami masalah sehingga tidak finis atau tidak merebut poin. Saya berharap reli kali ini menjadi obat atas rangkaian kegagalan selama ini," kata Subhan, Sabtu (12/10/2013), di Medan.

Pada seri pertama Kejurnas Reli pada Mei lalu, Subhan mengalami kerusakan mesin. Pada Reli Portugal, Subhan finis di posisi kesebelas karena keluar lintasan dan menabrak pohon. Pada Reli Yunani, mobil Subhan terbalik di tikungan terakhir. Subhan kembali keluar jalur dan tidak finis di Reli Jerman. Di Australia, Subhan kembali mengalami kerusakan mesin.

Pereli yang kemarin merayakan ulang tahun ke-27 itu menyiapkan strategi khusus untuk reli di lintasan basah. Selain pemilihan ban yang tepat, tim Bosowa Reli juga mengatur setelan gas agar tidak berlebihan saat lintasan basah dan licin.

"Jika lintasan basah, pertarungan lebih pada masalah teknik mengemudi dan pengendalian psikologi pereli. Pereli harus lebih sabar dan mengutamakan ketepatan, bukan kecepatan," kata Hade Mboy, navigator Subhan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com