Menembus Industri Olahraga di Asia

Kompas.com - 12/08/2019, 18:46 WIB
IlustrasiShutterstock Ilustrasi

SELAMA satu dekade ini, industri olahraga di Asia berkembang pesat. Sejak China menjadi tuan rumah Olimpiade 2008, makin banyak acara olahraga berskala internasional diadakan di Asia.

Indonesia pun sempat menjadi tuan rumah yang sukses dari Asian Games XVIII pada 18 Agustus – 2 September 2018 lalu.

Cepatnya pertumbuhan olahraga di Asia ini menarik perhatian organisasi-organisasi olahraga dunia. Mereka berlomba masuk dalam industri ini, karena olahraga Asia memiliki satu pemicu utama, yaitu besarnya jumlah penduduk, yang menjadi modal terciptanya generasi fans masa mendatang.

Dalam beberapa tahun terakhir misalnya, dari sisi komersial, National Basketball Association (NBA) merupakan salah satu organisasi olahraga yang paling berhasil, untuk mengembangkan branding.

Diawali dengan perekrutan Yao Ming ke NBA pada awal 2000-an, serta berbagai macam aktivitas marketing seperti tur pra-musim, bola basket menjadi salah satu olahraga terpopuler di China.

Majalah Forbes (Agustus 2017), mencatat, sekitar 18 persen penduduk China, atau sekitar 235 juta orang (data 2005), athletically engaged bermain bola basket.

Di cabang sepak bola, juga makin banyak nama Asia, yang menjadi pemilik klub internasional. Pada 2016 misalnya, pengusaha Chen Yangseng bersama dengan Rastar Group mengakuisisi saham RCD Español sebanyak 45,1 persen.

Meskipun beberapa perusahaan Asia sudah berani mensponsori berbagai kegiatan klub-klub elite dunia, namun belum ada sebuah organisasi olahraga, yang mampu mendominasi. Misalnya, kesuksesan cabang bola basket di China, ketika coba diterapkan oleh NBA di India, hasilnya belum memuaskan.

Juga, acara besar seperti International Champions Cup, di mana tim-tim besar sepak bola Eropa datang untuk uji tanding para-musim, belum mampu membuat masyarakat Asia berkembang dalam ilmu dan strategi sebuah kegiatan olahraga.


Pengembangan nilai melalui edukasi

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X