Kompas.com - 08/08/2019, 23:56 WIB
Prof Shaul Ladany Prof Shaul Ladany


 

BUDAPEST, Kompas.com - Seorang profesor Yahudi berusia 83 tahun yang selamat dalam pembantaian oleh Nazi pada Perang Dunia II serta pembantaian pada Olimpiade 1972, ikut serta dalam Maccabiah Games Eropa di Hungaria.

Profesor Shaul Ladany, atlet jalan cepat yang selamat dalam pembantaian oleh Nazi serta selamat dalam peristiwa pembantaian atklt Israel oleh pejuang PLO pada Olimpiade 1972. Ia ikut Maccabiah Games Eropa sebagai anggota kehormatan delegasi Yahudi Jerman.

Ia menyelesaikan lomba yang dijalani di Budapest dalam catatan waktu 3 jam 21 menit. Ini merupakan kunjungan kedua Ladany ke Budapest. Ia bersama keluarganya melarikan diri ke Hungaria saat tentara Nazi menyerbu tanah kelahirannya di Yugoslavia.

Ladany bersama keluarganya kemudian hijrah ke Israel pada 1948 dan bekerja di sana sebagai seorang insiyur. Ia kemudian menekuni olahraga jalan cepat dan bahkan menjadi atlet peserta Olimpiade.

Prof Shaul Ladany Prof Shaul Ladany

 

Tahun lalu, di usia 82, Ladany ikut Belgrade Marathon dan menerima penghargaan atas prestasinya tersebut.

Ladany juga percaya Jerman telah jauh berubah dibanding masa berkuasanya Hitler dengan Nazi. "Orang-orang perlu mendapat pencerahan tentang apa yang terjadi pada masa lalu agar tidak terulang lagi."

Maccabiah games Eropa diikuti 3000 atlet keturunan Yahudi dari 42 negara, termasuk 180 atlet dari Istrael dna 300 atlet dari Jerman.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X