Kompas.com - 08/08/2019, 23:24 WIB


JAKARTA, Kompas.com - Tuan rumah terpaksa gigit jari pada pekan pertama Combiphar Tennis Open 2019. Tiga petenis Indonesia tersisa harus mengakui keunggulan peserta dari mancanegara di babak perempat final nomor ganda turnamen internasional berlabel ITF World Tennis Tour itu, Kamis (8/8).

Duet Muhammad Rifqi Fitriadi (21 tahun) dan Anthony Susanto (22) kandas di tangan unggulan kedua kejuaraan berhadiah total 15.000 dollar AS atau Rp 210 juta ini, SD Prajwal Del/Niki Kaliyanda Poonacha dari India. Peraih medali emas ganda putra PON 2016 itu kalah dalam laga straight set 5-7 1-6.

“Memang bukan hasil yang kami inginkan, namun yang penting kami sudah bisa mengimbangi permainan mereka dalam pertandingan ini. Jam terbang mereka memang lebih tinggi di turnamen level seperti ini,” tutur Anthony usai laga berdurasi 65 menit di lapangan tenis The Sultan Hotel and Residence Jakarta ini.

"Kami yakin bisa mendapat hasil yang lebih baik di dua seri Combiphar Tennis Open 2019 berikutnya sebagai persiapan menuju SEA Games Manila, akhir tahun ini. Kami membutuhkan banyak pertandingan yang ketat,” timpal Rifqi yang akrab disapa Tole itu.

Sementara itu, David Agung Susanto (28) yang berpasangan dengan wakil Inggris Raya, Jonathan Gray juga tersingkir dari persaingan babak delapan besar. Pasangan yang telah mengoleksi satu gelar juara ganda perhelatan selevel ini di Singapura, dua bulan silam ini harus mengakui keunggulan seeded ketiga, Luca Castelnuovo (Swiss) dan Rhett Purcel (Selandia Baru). David/Gray kalah dalam laga berdurasi 67 menit dengan skor akhir 3-6 5-7.

Combiphar Tennis 2019 yang telah empat tahun hadir mewarnai blantika tenis Tanah Air ini tak henti menghadirkan kejutan. Di sektor tunggal, Jonathan Gray berhasil menyingkirkan unggulan kedua asal Taiwan, Chien Hsun Lo. Gray unggul telak atas peringkat ke-520 dunia itu, 6-2 6-0.

Pada babak perempat final tunggal, Jumat (9/8), Gray kembali terlibat bentrok dengan unggulan, Emiliano Maggioli dari Italia yang berada di posisi seeded ketujuh dengan peringkat ATP-610.

Hasil Kamis (8/8)
Perempat Final Ganda
3-Luca Castelnuovo (Swiss)/Rhett Purcell (Selandia Baru) v Jonathan Gray (Inggris Raya)/David Agung Susanto 6-3 7-5
2-SD Prajwal Dev/Niki Kaliyanda Poonacha (India) v M. Rifqi Fitriadi/Anthony Susanto 7-5 6-1

Jadwal Jumat (9/8)
Perempat Final Tunggal
Takashi Saito (Jepang) v Soichiro Moritani (Jepang)
4-Manish Sureshkumar (India) v Vladyslav Orlov (Ukraina)
Lucas Vuradin (Australia) v 3-Kuan Yi Lee (Taiwan)
7-Emiliano Maggioli (Italia) v Jonathan Gray (Inggris Raya)

Semi Final Ganda
3-Luca Castelnuovo (Swiss)/Rhett Purcell (Selandia Baru) v 2-SD Prajwal Dev/Niki Kaliyanda Poonacha (India)
Kuan Yi Lee/Shao Fan Liu (Taiwan) v 4-Dusty H. Boyer (Amerika Serikat)/Pak Long Yeung (Hongkong)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.