Gelar Juara Whyte Dibekukan

Kompas.com - 31/07/2019, 19:01 WIB
Dillian Whyte (kiri) menang angka atas Joseph Parker, Sabtu (28/07/2018). DailymailDillian Whyte (kiri) menang angka atas Joseph Parker, Sabtu (28/07/2018).

 

LONDON, Kompas.com - Status gelar juara dunia kelas berat interim yang disandang petinju Inggris, Dillian Whyte dibekukan oleh dewan tinju dunia (WBC) menyusul ditemukannya penggunaan obat terlarang.

Whyte, petinju kelahiran Jamaika berusia 31 tahun ini dinyatakan postisif mengonsumsi obat terlarang tiga hari sebelum pertarungan menghadapi petinju Kolombia, Oscar Rivas pada 20 Juli lalu. Namun ia tetap diijinkan bertarung setelah menghadiri sidang dengar pendapat independen.

Whyte yang juga merupakan penantang utama juara dunia WBC, Deontay Wilder mengatakan keputusan WBC sangat kotor. Namun hasil positif yang ditemukan pada sampel B miliknya membuat Whyte terancam hukuman larangan bertarung seumur hidup.

Dalam pernyataanya, pihak WBC menyebut sampel B yang ditemukan UKAD (lembaga anti-doping Inggris) menjelang menghadapi Rivas merupakan bukti yang tak terbantahkan.

"Berdasar bukti ini, serta masih berlangsungnya proses penyelidikan internal yang dilakukan WBC, pihak WBC membekukan gelar Dillian Whyte sebagai juara kelas berat interim serta penantang utama kelas tersebut."

Whyte akan mendapatkan haknya untuk membala diri kemudian. Promotor Whyte, Eddie Hearn mengatakan petinjunya sangat kecewa dengan keputusan ini.

Sejak kembali ke atas ring, Whyte telah bertarung 18 kali dan hanya mengalami satu kekalahan saat menghadapi rekan senegaranya, Anthony Joshua pada 2015 lalu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X