Indonesia Raih 4 Medali Emas dalam Tinju Piala Presiden 2019 di Labuan Bajo

Kompas.com - 29/07/2019, 10:39 WIB
Pertandingan Piala Presiden 2019 ke-23 yang digelar di Labuan Bajo Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ( NTT). KOMPAS.com/SIGIRANUS MARUTHO BEREPertandingan Piala Presiden 2019 ke-23 yang digelar di Labuan Bajo Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur ( NTT).

KUPANG, KOMPAS.com - Kontingen Indonesia meraih empat medali emas dalam tinju Piala Presiden Republik Indonesia ke-23 tahun 2019 di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Minggu (28/7/2019).

"Empat emas itu diraih oleh empat petinju pria Indonesia dari Tim Indonesia-A," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Pertina Brigjen Polisi Johanes Asadoma kepada Kompas.com, Senin (29/7/2019).

Empat petinju itu, lanjut Johanes, yakni Samada Saputra, Mandagie Jill, Papendang Farand dan Muskita Maikel Robert.

Baca Juga: Indonesia Bakal Raih 3 Emas dalam Kejuaraan Dunia Tinju Piala Presiden Ke-23

Samada Saputra turun di kelas Welter 69 kilogram, menang atas petinju asal India Dinesh. Sedangkan Madagie Jill turun di kelas Bantam 56 kilogram, menang atas petinju India Bidhuri Gaurav.

Selanjutnya, Papendang Farand yang turun di kelas Light 60 kilogram menang atas petinju Korea Selatan, Juseong Kim dan Muskita Maikel Robert yang turun di kelas Midle 75 kilogram, menang atas petinju Vietnam, Cuong Nguyen Manh.

Tim Indonesia, kata Johanes, sebenarnya berpotensi menambah koleksi dua medali emas melalui dua petinju wanita yang masuk final. Sayang, mereka gagal pada partai puncak sehingga harus puas dengan raihan medali perak.

Dua petinju wanita yang masuk final yakni Endang yang turun di kelas Women's Light Fly 45-48 kilogram dan Hasanah Huswatun yang turun di kelas Woman's Light 57-60 kilogram.

Baca Juga: Wakil Indonesia Melaju ke Semifinal Kejuaraan Tinju Piala Presiden

Endang kalah dari petinju India, Monica, sedangkan Hasanah kalah dari petinju India, Baatth Simranjit Kaur.

India menjadi juara umum dalam event itu setelah meraih enam medali emas. Sementara itu, Australia dan Italia hanya meraih 1 medali emas.

"Khusus untuk juara mendapat 600 dollar AS, peringkat kedua 400 dollar AS dan peringkat ketiga 200 dollar AS, juga piagam penghargaan serta maskot satwa Komodo," ujar Johanes.

Selain hadiah uang, piagam dan maskot bagi mereka yang meraih medali, khusus untuk India juga mendapat uang 7.500 dollar AS karena keluar sebagai juara umum.

Bagi petinju Indonesia yang meraih medali emas, selain uang 600 dollar AS, diberikan juga bonus Rp 25 juta per orang.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X