Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Open 2019, Kenapa Tommy Bisa Kalah 12 Kali dari Chen Long?

Kompas.com - 17/07/2019, 14:17 WIB
Nugyasa Laksamana,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra, Tommy Sugiarto, lagi-lagi harus mengakui kehebatan wakil asal China, Chen Long.

Pada laga babak pertama Indonesia Open 2019 yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (17/7/2019), Tommy kalah 20-22, 21-14, dan 17-21.

Bagi Tommy, ini menjadi kekalahannya yang ke-12 dari 13 pertemuannya dengan Chen Long dalam berbagai turnamen bulu tangkis BWF.

Tommy kali terakhir bisa menang melawan Chen Long pada turnamen Indonesia Open 2013, alias sekitar enam tahun lalu.

Baca juga: Indonesia Open 2019, Chen Long Hentikan Langkah Tommy Sugiarto

Mengapa Tommy begitu sulit mengalahkan Chen Long? Apa yang menjadi keistimewaan dia sehingga bisa 12 kali menaklukkan putra legenda bulu tangkis Indonesia, Icuk Sugiarto, tersebut?

Saat konferensi pers seusai kekalahannya dari Chen Long pada Indonesia Open 2019, Tommy menilai sang lawan punya jangkauan yang bagus.

Chen Long dinilai punya jangkauan bagus lantaran postur tubuhnya lebih tinggi daripada Tommy sehingga cukup mudah untuk mengembalikan bola ke lawan.

"Dari segi jangkauan, dia memang lebih baik. Pastinya dia jadi bermain lebih efisien dari saya. Itu yang harus saya antisipasi," ujar Tommy kepada Kompas.com.

"Saya harus membuat satu setengah langkah, sedangkan dia cukup satu langkah. Otomatis dia tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga," tutur dia.

Baca juga: Link Live Streaming Indonesia Open 2019, Menanti Aksi Ahsan/Hendra

Dalam kesempatan itu, Tommy Sugiarto juga memuji upaya pertahanan yang digalang oleh Chen Long sepanjang laga.

Tommy secara khusus menyebut Chen Long tampil lebih sabar dan tenang saat mendapatkan serangan.

Pebulu tangkis tunggal putra China, Chen Long, melawan tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Rabu (17/7/2019).KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Pebulu tangkis tunggal putra China, Chen Long, melawan tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

"Saya tahu pertandingan tadi akan menghabiskan waktu yang panjang. Saya sudah berusaha maksimal juga. Namun, dia juga bertahan cukup baik," kata Tommy.

Tommy pun memilih untuk mengalihkan fokus ke dua turnamen berikutnya, yakni Japan Open (23-28 Juli) dan Thailand Open (30 Juli hingga 4 Agustus).

Baca juga: Hasil Indonesia Open 2019, Fitriani Kalah dari Unggulan Ke-2

Pemain yang kini telah berusia 31 tahun itu juga masih berharap untuk bisa menembus ajang bergengsi Olimpiade Tokyo 2020.

Terkait Indonesia Open, berdasarkan jadwal, ada 16 wakil Indonesia yang akan bertanding pada pertandingan hari kedua.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com