Kompas.com - 29/06/2019, 13:08 WIB
Perenang puteri, AA Istri Kania Ratih Atmaja Tjahjo Sasongko/Kompas.comPerenang puteri, AA Istri Kania Ratih Atmaja

 

JAKARTA, Kompas.com - Tim renang Indonesia yang akan berlaga di ajang Universiade 2019 di Napoli, Italia, berharap dapat merebut satu medali di ajang dua tahunan tersebut.

Menurut pelatih Albert C. Sutanto yang akan menyertai para atlet ke Italia, tim Indonesia berharap dapat merebut satu medali melalui atlet utama i Gde Siman Sudartawa. "Kita harap Siman dapat tampil maksimal di nomor utamanya di 50 meter gaya punggung. Sekarang ini dia sudah pulih dari cederanya."

Siman mengalami cedera  bahu saat memperkuat tim Indonesia ke ASEAN University Games 2018 di Myanmar, Desember tahun lalu. Ia kemudian menjalani terapi ketat dengan target tampil maksimal di SEA Games Filipina, Desember 2019 nanti. "Sekarang ini Siman di 25 meter masih 11.9 detik. Target saya dia mencapai 11.6 detik untuk mencapai best time atau 25.3 detik," kata Albert lagi.

Tim renang Indonesia memang diperkuat para atlet nasional yang juga ikut Pelatnas SEA Games dan masih menekuni bangku pendidikan di perguruan tinggi. Tim renang terdiri dari  para atlet mahasiswa seperti Siman Sudartawa dan Putra M. Randa (dari Perbanas Jakarta), Gagarin Nathaniel (Atma Jaya Jakarta), Fadlan Prawira (Unpar Bandung), Kania Atmaja (Perbanas Jakarta), Raina Saumi (UPI Bandung) serta beberapa nama lainnya seperti  M. Fachri, Ressa Kania Dewi, Vanessae Evato, Nurul Fajar dan Sagita Putri.

Mereka dipilih karena keberhasilan menyumbangkan medali emas pada ajang ASEAN University Games 2018 di Myanmar.  Kontingen Indonesia  saat itu diperkuat para atlet mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi dalam negeri.

"Untuk Universiade tahun ini persyaratan peserta cukup ketat yaitu usia maksimal 24 tahun serta masih dalam jenjang pendidikan strata 1," kata Albert.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Siman sendiri mengaku cedera yang dialaminya sudah tidak dirasakannya. "Sudah pulih. Semoga bisa tampil maksimal," kata Siman yang akan tampil terakhir kali di Universiade karena telah berusia 24 tahun. Dua tahun lalu, Siman absen memperkuat tim  Indonesia karena harus tampil di SEA Games.

Sementara atlet putri Kania Atmaja juga mengaku sudah mempersiapkan diri untuk pergi ke Italia ini. "Di Napoli yang pasti saya turun di  gaya bebas dan punggung, tapi lagi tunggu apa juga akan turun di gaya kupu," kata Kania lagi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.