Penunjukan Erick Thohir di IOC dan Harapan Jadi Tuan Rumah Olimpiade

Kompas.com - 27/06/2019, 10:42 WIB
Pengusaha yang juga Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir secara resmi ditunjuk sebagai salah satu petinggi Komite Olimpiade Internasional (IOC). Setelah 10 tahun Indonesia tidak memiliki perwakilan, sekarang Indonesia berkesempatan menduduki kursi elite di organisasi olahraga terbesar di dunia. Pengusaha yang juga Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir secara resmi ditunjuk sebagai salah satu petinggi Komite Olimpiade Internasional (IOC). Setelah 10 tahun Indonesia tidak memiliki perwakilan, sekarang Indonesia berkesempatan menduduki kursi elite di organisasi olahraga terbesar di dunia.


JAKARTA, Kompas.com - Segenap insan olahraga menyambut positif penunjukan Erick Thohir sebagai salah satu elite tertinggi Komite Olimpiade Dunia, IOC. Atlet angkat besi Indonesia, Eko Yuli Irawan, berharap penunjukan Erick akan semakin memberikan angin segar bagi dunia olahraga di Indonesia, khususnya atlet.

"Selamat dan semoga sukses untuk Pak Erick Thohir. Semoga bisa membawa dampak positif untuk olimpiade yang kita ikuti, terutama nantinya bisa memperjuangkan Indonesia untuk tuan rumah Olimpiade 2032," kata Eko saat dihubungi, Kamis (27/6).

Hal yang sama diutarakan Sekretaris Jenderal PB PASI, Tigor Tanjung. Dia mengatakan, dipilihnya Erick menjadi anggota IOC dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan melobi anggota komite lainnya dalam proses penentuan tuan rumah. "Semoga Erick bisa melobi IOC member yag lain agar memilih Indonesia dalam bidding," katanya.

Di sisi lain, ia berharap agar Erick dapat menawarkan proposal pengajuan tuan rumah Olimpiade dengan kemasan yang menarik.

Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Gatot S Dewa Broto mendukung ikut mengapresiasi terpilihnya Erick Thohir sebagai anggota IOC. Keanggotaan Erick di IOC, kata dia, merupakan hal positif dalam lingkup olahraga di Indonesia.

Ia beralasan, Indonesia sudah cukup lama tak mengirimkan wakilnya dalam badan tertinggi olahraga dunia tersebut. "Sudah lama sekali, kan 10 tahun sudah tidak ada orang Indonesia lagi di sana," kata Gatot.

Kemudian, Gatot menilai sosok Erick memiliki kapabilitas mengemban tugas sebagai anggota komite. Berbekal pengalaman sebagai Ketua Inasgoc, membuat Gatot yakin Erick dapat menjalankan tugasnya.

Erick Thohir Erick Thohir

"Erick Thohir sudah teruji di Asian Games, beliau juga bukan orang yang asing di IOC dan sudah sangat dekat dengan Thomas Bach," ujar dia.

Pengusaha yang juga Ketua Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir secara resmi ditunjuk sebagai salah satu petinggi Komite Olimpiade Internasional (IOC). Setelah 10 tahun Indonesia tidak memiliki perwakilan, sekarang Indonesia berkesempatan menduduki kursi elite di organisasi olahraga terbesar di dunia.

Majelis Umum IOC memutuskan menunjuk Erick untuk menduduki kursi Member IOC bersama puluhan tokoh olahraga dunia lain. Bersama Erick ada pula Ketua Olimpiade India Narinder Dhruv Batra dan Presiden Komite Olimpiade Korea Selatan Kee Heung Lee yang menduduki kursi teras IOC.

"Tentu ini menjadi sebuah kehormatan bagi kita semua bangsa Indonesia untuk bisa kembali mengemban amanat di IOC," kata Erick dalam keterangan persnya.

Di sisi lain, ia merasa bahwa terpilih sebagai petinggi IOC menjadi sebuah kerja yang memuat tanggung jawab besar untuk semua meningkatkan kualitas olahraga di level nasional hingga internasional.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X