Akui Dirinya LGBT, Kisah Hidup Atlet India Akan Dijadikan Film

Kompas.com - 24/06/2019, 16:18 WIB
Dutee Chand Dutee Chand


NEW DELHI, Kompas.com - Kehidupan atlet atletik India, Dutee chand akan diangkat ke layar lebar dengan dibintangi aktor ternama negeri itu, Anil Kapoor.

Film yang akan dibesut oleh Rakeysh Omprakash Mehra ini akan berkisah tentang jatuh bangunnya atlet pertama India yang berani secara terbuka mengaku dirinya seorang gay atau LGBT.  Chand sendiri berharap aktris Kangana Ranaut pantas berperan sebagai dirinya.

Dutee sendiri mengaku kehidupannya yang naik turun memang layak difilmkan. "Saya mendapat permintaan dari beberapa pembuat film yang ingin menggarap kisah hidup saya, namun saya belum memberi jawaban.  Selain Anil Kapoor dan Rakeysh Mehra ada banyak aktor  dan aktris yang menghubungi saya untuk mendapatkan peran," kata Chand.

Ia merasa aktris Kangana Ranut paling cocok memerankan dirinya. Chand mengaku telah menonton  film "Bhaag Milka Bhaag," sebuah film  biografi Milkha Singh, pelari legendaris India pada masa lalu. Serta film biografi petinju puteri India, Mary Kom.

Kangana Ranut sendiri mengaku tidak berkeberatan untuk berepran sebagai Dutee Chand. "Sebegai seorang atlet, Dutee-ji telah menunjukkan dirinya sebagai panutan.  Ia menunjukkan keberanian serta kegigihannya sebagai seorang atlet profesional.  Saya merasa tersanjung apabila dipercaya memerankan dirinya," kata Kangana.

Dutee Chand merupakan satu atlet puteri kesayangan publik India. Ia meraih medali perak di Asian Games 2018 di Indonesia. Tragisnya ia kehilangan kesmepatan meraih medali emas karena terpaut hanya 0.002 detik dari peraih medali emas nomor 100 meter,  Odiong Edidiong dari  Bahrain

Namun belakangan, Chand menuai kecaman dari sebagian masyarakat  India yang masih konservatif. Dutee Chand mendapat kecaman keras -termasuk dari kampung kelahirannya- setelah ia secara terbuka mengaku  bahwa orientasi seksualnya adalah homoseksual alias lesbian.

Tentangan terhadap keterbukaan Dute Chand ini juga sempat dilakukan oleh sponsorhip di bidang olahraga ini.  Meski homoseksualitas sudah diputuskan legal di India pada September tahun lalu,  hal ini masih dianggap tabu oleh sebagian besar masyrakat.  Meski mendapat dukungan media konvensional dan media sosial di India, Chand  dikecam di negaranya. Keluarganya di desa kecil di negara bagian Odisha juga tak dapat menerima pengakuan Dutee Chand.

Untungnya dukungan diberikan perusahaan sepatu asal AS yang mengontrak Dutee Chand sebagai model. Menurut mereka, hanya masalah waktu saja  maka para sponsor akan mendukung komunitas LGBTQ. CEO Skechers,  Rahul Vira beranggapan,"Bodoh sekali jika  anda mencoba bersikap konservatif di negara yang mayoritas populasinya adalah orang muda. Kami  sangat terbuka dan fleksibel terhadap selebritis yang bekerjasama dengan kami," kata Vira.

Indranil Das Blah dari Kwan Entertainment yang menjadi agensi beberapa  selebritis atlet menyebut keberanian Chand untuk terbuka tentang sisi hidupnya justru membuat dirinya menjadi populer. "Dutee merupakan satu individu yang berani mengaku gay secara terbuka. Saya harap ia dapat memberi inspirasi kepada yang lain."

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X