Kompas.com - 20/06/2019, 11:33 WIB
Pebalap Indonesia dari tim T2 Motorsports, Rio Haryanto, saat bersiap menjalani sesi paid practice di Sirkuit Suzuka, Jepang, Kamis (20/6/2019). KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANAPebalap Indonesia dari tim T2 Motorsports, Rio Haryanto, saat bersiap menjalani sesi paid practice di Sirkuit Suzuka, Jepang, Kamis (20/6/2019).

KOMPAS.com - Rio Haryanto dan rekan setimnya di T2 Motorsports, Gregory Teo, baru saja menjalani sesi paid practice 1 pada seri ketiga Blancpain GT World Challenge Asia 2019 di Sirkuit Suzuka, Jepang, Kamis (20/6/2019) pagi.

Rio menjadi pebalap T2 Motorsports yang turun pertama pada paid practice 1. Sesi tersebut dimulai pukul 09.30 waktu setempat.

Awalnya, Rio sempat beradaptasi dulu dengan Sirkuit Suzuka serta menguji mobilnya untuk mendapatkan settingan yang tepat.

Baca juga: Sambil Adaptasi, Rio Haryanto Ingin Mobilnya Terus Dikembangkan

Setelah 10 putaran dituntaskan, Rio mulai menunjukkan improvisasi. Sempat mencatatkan waktu 2 menit 10,577 detik, ia kemudian menajamkannya menjadi 2 menit 06,643 detik.

Eks pebalap Formula 1 (F1) itu kemudian kembali ke paddock untuk mendapatkan settingan yang tepat dari para mekanik T2 Motorsports.

Mobil Ferrari 488 GT3 yang dikemudikan Rio Haryanto pada ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019.KOMPAS.COM/NUGYASA LAKSAMANA Mobil Ferrari 488 GT3 yang dikemudikan Rio Haryanto pada ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rio Haryanto terus memperbaiki catatan waktunya. Pemuda asal Solo, Jawa Tengah, itu kemudian menorehkan 2 menit 04,953 detik.

Sampai akhirnya Rio pun sukses menciptakan catatan waktu terbaik 2 menit 03,998 detik dalam 23 putaran yang menjadi hasil positif bagi T2 Motorsports.

Berkat catatan itu, Rio Haryanto sempat menjadi pebalap keenam terbaik. Ia kemudian digantikan oleh rekan setimnya, Gregory Teo.

"Tadi saya menyetir hampir selama 2 jam. Awalnya masih butuh adaptasi dengan Sirkuit Suzuka karena sirkuit ini tergolong cukup sulit bagi banyak pebalap," ujar Rio Haryanto kepada Kompas.com.

Baca juga: Tawaran dari T2 Motorsports Bangkitkan Semangat Rio Haryanto

"Ini terbilang cukup positif dan menjadi awal yang baik. Semoga masih banyak improvement yang bisa saya lakukan saat sesi paid practice kedua," tutur dia seraya tersenyum.

Rio dan Greg akan menjalani sesi paid practice 2 pada hari yang sama pukul 14.45 waktu setempat (12.45 WIB).

Dengan adanya tes ini, Rio dan Greg berharap kru tim bisa mendapatkan settingan yang tepat guna mencapai hasil optimal saat balapan (22-23 Juni 2019).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.