Malaysia Butuh Lebih dari 5 Tahun untuk Temukan "Lee Chong Wei Baru"

Kompas.com - 16/06/2019, 15:17 WIB
Lee Chong Wei resmi pensiun, Kamis (13/06/2019) thestarLee Chong Wei resmi pensiun, Kamis (13/06/2019)

KOMPAS.com - Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia ( BAM) sudah memulai perburuan untuk menemukan sosok pemain tunggal putra pengganti Lee Chong Wei yang baru saja memutuskan pensiun beberapa hari lalu.

Meski begitu, pencarian tentunya tak akan berlangsung instan. Presiden BAM, Datuk Seri Norza Zakaria, menyatakan bahwa pihaknya butuh waktu lebih dari 5 tahun untuk menemukan pengganti Lee Chong Wei.

Baca juga: Hentikan Langkah Tom Schwarz dalam Dua Ronde, Tyson Fury Juara

"Dibutuhkan lebih dari 5 tahun untuk menemukan pemain lokal ideal untuk menyamai prestasi Lee Chong Wei. Saat ini, kami sudah punya beberapa nama," ujar Norza.

"(Soong) Joo Ven dan (Cheam) June Wei adalah contoh yang kami harapkan bisa berkembang menjadi pemain top. Keduanya masih muda dan energik," tutur Norza.

Soong Joo Ven sendiri masih berusia 24 tahun, sedangkan Cheam June Wei berumur dua tahun lebih muda.

Namun, kedua pebulu tangkis tersebut belum diturunkan dalam turnamen level papan atas.

Soong yang saat ini menempati peringkat ke-64 dunia lebih sering bermain di turnamen sekelas super 100 atau super 300.

Demikian pula Cheam yang kini berada di peringkat ke-83 dunia. Ia pernah tampil di sektor ganda campuran dan sempat meraih medali emas Olimpiade Junior 2014.

Baca juga: Pelatih Tunggal Putra Sebut Perfoma Jonatan Christie Mulai Meningkat

Sementara itu, Lee Chong Wei sendiri mendapatkan kehormatan dari pemerintah untuk menjadi Chef de Mission (CdM) Malaysia pada Olimpiade Tokyo 2020.

Kepastian itu telah disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia, Syed Saddiq Syed Rahman, saat konferensi pers mundurnya Lee Chong Wei di Putrajaya, Kamis (13/6/2019) lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X