Pensiun, Chong Wei Langsung Ajak Isterinya Berbulan Madu

Kompas.com - 13/06/2019, 12:26 WIB
Lee Chong Wei resmi pensiun, Kamis (13/06/2019) thestarLee Chong Wei resmi pensiun, Kamis (13/06/2019)


PUTRAJAYA, Kompas.com - Pebulu tangkis legendaris Malaysia, Lee Chong Wei mengumumkan pengunduran sebagai pemain dalam karirnya yang telah berlangsung 19 tahun.

Chong Wei mengumumkan keputusannya tersebut dalam konferensi pers di menara KBS, Putrajaya, Malaysia, Kamis (13/06/2019). "Hari ini saya mengumumkan mundur dari olahraga  setelah menjalani karir selama 19 tahun,"kata Chong Wei yang telah berusia 36 tahun.

"Ini keputusan yang berat tetapi saya tak memiliki pilihan setelah menjalani konsultasi dengan dokter di Jepang bulan lalu," jelas Chong Wei.  "Saya mendapat pertanyaan soal kesehatan saya dan hasilnya saya tidak cukup kuat untuk melakukan aktivitas yang berat. Jadi buat saya tidak  meungkin untuk memaksakan  diri berkaitan dengan kesehatan saya."

"Saya ingin berterimakasih kepada  semua pelatih seperti Datuk Misbun Sidek, Datuk Tey Seu Bock,"kata Chong Wei sambil menahan tangis. Chong Wei juga pernah ditangani pelatih asal Indonesia, Hendrawan.

Chong Wei didiagnosis mengidap kanker hidung Juli tahun lalu dan kemudian menjalani perawatan di Taiwan. Sepulang dari Taiwan ia menyebut masih tetap ingin melanjutkan karirnya dengan target terbesar merebut medali emas di Olimpiade Tokyo 2020.

Chong Wei merupakan finalis dan peraih medali perak di tiga Olimpiade: Beijing (2008), London (2012) dan Rio de Janeiro (2016).  Namun usahanya merebut medali emas pertama Olimpiade buat Malaysia digagalkan Lin Dan (2008 dan 2012) serta Chen Long (2016).

Chong Wei juga gagal memenuhi ambisinya untuk menjadi juara dunia pertama dari Malaysia.  Ia gagal tiga kali di final di London (2011), Guangzhou (2013) dan Jakarta (2015).

Selama karirnya, Chong Wei  mengantungi 69 gelar juara, serta menempati peringkat 1 dunia selama 349 pekan. Termasuk 199 pekan berturut-turut antara 2008-2012.

Chong Wei mengatakan akan beristirahat dan  menghabiskan banyak waktu dengan keluarganya. ia bahkan bernecana mengajak isterinya, Wong Mew Choo menjalani bulan madu, sebuah perjalanan yang selalu tertunda setelah mereka menikah pada 2012.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X