Lee Chong Wei Dikabarkan Akan Segera Pensiun

Kompas.com - 07/06/2019, 13:44 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose dengan medali emas yang dia raih dari kategori perorangan Commonwealth Games 2018 seusai mengalahkan Kidambi Srikanth, 19-21, 21-14, 21-14, pada laga final di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018). SAEED KHAN/AFP PHOTOPebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei, berpose dengan medali emas yang dia raih dari kategori perorangan Commonwealth Games 2018 seusai mengalahkan Kidambi Srikanth, 19-21, 21-14, 21-14, pada laga final di Carrara Sports and Leisure Centre, Gold Coast, Australia, Minggu (15/4/2018).

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra senior Malaysia, Lee Chong Wei, dikabarkan bakal segera mengumumkan pensiun setelah 19 tahun berkarier.

Kabar mengejutkan itu dilansir oleh media setempat, Berita Harian, pada Kamis (6/6/2019) kemarin setelah adanya pengakuan dari sebuah sumber tepercaya.

Baca juga: Anfield dan Old Trafford Tak Bisa Tampilkan Tayangan Ulang VAR

Lee Chong Wei, yang kini berusia 37 tahun, memang sudah lama absen akibat penyakit kanker hidung. Pihak dokter ditengarai menyarankan sang atlet untuk pensiun demi alasan kesehatan.

"Chong Wei sudah buat keputusan untuk tidak lagi bermain, tetapi dia mau bertemu dengan BAM (Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia) dan pelatih terlebih dulu sebelum membuat pengumuman," tutur sumber yang dikutip dari Berita Harian.

"Menurut laporan dokter, dia sudah bebas sepenuhnya dari kanker hidung, tetapi dia tidak boleh mengalami tekanan yang bisa jadi salah satu faktor kembalinya penyakit itu."

Sejak mengambil cuti pada akhir April 2019 untuk menjalani pemeriksaan susulan di Taiwan, Lee Chong Wei sudah terhitung sudah tak latihan selama sebulan.

Sebelumnya, peraih tiga medali perak Olimpiade itu sempat menjalani tiga kali latihan dalam seminggu setelah dinyatakan sembuh dari kankernya.

Saat dikonfirmasi, Lee Chong Wei mengaku sudah membuat keputusan terkait masa depannya. Ia pun aka segera melakukan komunikasi dengan BAM dan pelatih.

Baca juga: Mesut Oezil Rayakan Pernikahan dengan Galang Dana Bantuan Sosial

"Selepas Hari Raya (Idulfitri) saya akan bertemu dengan Presiden BAM (Datuk Seri Mohamad Norza Zakaria) dan pelatih untuk menyampaikan rencana saya kepada mereka," kata Lee Chong Wei.

"Selepas itu, terserah kepada BAM untuk mengadakan jumpa pers kepada media untuk mengumumkannya. Sekarang, saya tidak boleh mengumumkannya dulu karena perlu menghormati BAM dan pelatih saya," tutur dia.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X