Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Andy Ruiz Jr Permalukan Anthony Joshua dan Dunia

Kompas.com - 02/06/2019, 10:26 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

JAKARTA, Kompas.com - Andy Ruiz bukan hanya menorehkan sejarah menjadi juara dunia tinju kelas berat asal Meksiko yang pertama namun  juga menghancurkan kemapanan kelas berat dengan memukul TKO Anthony Joshua.

Dalam pertarungan di Madison Square Garden, New York ini Ruiz tampil mengesankan dengan melawan Joshua (22-1, 21 KO) tanpa takut. Bahkan ketika sempat jatuh pada ronde ketiga, Ruiz mampu membalas dengan menjatuhkan Joshua di rodne yang sama.

Sebaliknya, knock down oleh Ruiz ini sangat menghantui Joshua. Ia berusaha menjaga jarak yang membuatnya terkesan takut untuk beradu pukulan dengan petinju Meksiko yang sebenarnya jauh lebih pendek.

Akhirnya ketakutan ini berbuah pada ronde ketujuh. Ruiz yang terus mencari peluang menanti kesalahan Joshua mampu menjatuhkan petinju Inggris ini  dua kali yang membuat wasit tak punya pilihan untuk menghentikan pertarungan.

Dengan keberhasilan ini Ruiz (33-1, 22 KO) merebut empat gelar juara dunia tinju kelas berat yang disandang Joshua yaitu WBA, IBF, WBO dan IBO. Kini ia tinggal menunggu tawaran menggiurkan untuk menantang juara dunia kelas berat WBC yang kini disandang petinju AS, Deontay Wilder.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com