Tim U-23 Arung Jeram Perempuan Indonesia Juara Dunia WRC 2019

Kompas.com - 24/05/2019, 05:10 WIB
Tim U23 Women Arung Jeram Indonesia juara dalam WRC 2019NickHano Tim U23 Women Arung Jeram Indonesia juara dalam WRC 2019

KOMPAS.com - Tim U-23 Arung Jeram Perempuan Indonesia (tim U-23 Women Indonesia) berhasil menjadi juara dunia dalam event IRF R6 World Rafting Championships 2019 (WRC 2019) yang diselenggarakan di Tully River, Cairns, Australia.

Gelar itu diraih setelah berhasil mengumpulkan skor 301 di lomba pengarungan sungai jarak panjang (down river race) pada 19 Mei 2019.

Dalam nomor jarak panjang tersebut, im U-23 Arung Jeram Perempuan Indonesia sukses finis di urutan ketiga, terpaut 1,61 detik dari tuan rumah Australia.

Sebelumnya, tim yang telah mendapat dukungan penuh dari PB Federasi Arung Jeram Indonesia (PB FAJI) ini juga berhasil mendulang emas dalam nomor head to head dan nomor Slalom.

Baca juga: Tim Arung Jeram Indonesia Ikuti Kejuaraan Dunia di Australia

Dalam nomor head to head, tim U-23 Arung Jeram Perempuan Indonesia total mengumpulkan skor 943, selisih jauh dari tim Selandia Baru yang berada di peringkat kedua dengan hanya mengumpulkan skor 907, sedangkan tim tuan rumah Australia menempati posisi ketiga, mengumpulkan skor 863.

Sementara itu, dalam nomor Slalom, im U-23 Arung Jeram Perempuan Indonesia melampaui catatan waktu tim Britania Raya dan Jepang yang masing-masing menempati urutan kedua dan ketiga.

Pelatih im U-23 Arung Jeram Perempuan Indonesia, Aceng, mengaku bangga terhadap apa yang telah diraih oleh tim yang berasal dari desa di sekitar Sungai Citarik ini.

"Target kami awalnya hanya mendapat 1 emas dan masuk 3 besar serta memperbaiki posisi tim U-23 Women Indonesia sebelumnya. Target tersebut saya patok mengingat tim baru saja masuk ke tingkatan U-23," katanya.

"Ketika pada akhirnya mereka berhasil merebut 2 emas, 1 perak, dan 1 perunggu dan secara keseluruhan menjadi juara umum, saya merasa mereka telah berjuang secara luar biasa," katanya.

Baca juga: Tim Arung Jeram Jawa Timur Gelar Latihan di Sungai Cimandiri

Sementara itu, tim U-19 Men Indonesia juga berhasil menduduki peringkat kedua dalam nomor dalam nomor Sprint dan Down River Race dengan mengumpulkan skor 887, terpaut 85 poin dari tim tuan rumah Australia yang berada di peringkat pertama.

Ketua Umum FB FAJI, Amalia Yunita, yang juga menyaksikan event ini mengapresiasi kinerja hebat dari Tim Arung Jeram Indonesia pada WRC 2019.

"Saya sangat mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam perjuangan ini, terutama kepada atlet, pelatih, manajer, dan juga rekan-rekan pengurus di pusat dan daerah yang telah bekerja keras bahu-membahu tanpa pamrih untuk dapat mendukung tim. Tim telah berjuang secara luar biasa di luar kemampuan mereka," kata Amalia.

IRF World Rafting Championship (WRC) adalah kejuraan dunia arung jeram yang digelar oleh International Rafting Federation (IRF). Kejuaraan IRF R6 WRC 2019 ini merupakan kejuaraan dunia ke-14.

Berlokasi di Tully River, sungai ini memiliki tingkat kesulitan hingga kelas 4 (dari 6 kelas) dan diikuti oleh 48 tim dari 19 negara.



Terkini Lainnya


Close Ads X