Goh V Shem Akui Kualitas Ganda Putra Indonesia

Kompas.com - 20/05/2019, 12:48 WIB
Ganda putra Malaysia Tan Wee Kiong/Goh V Shem saat tampil di 2018 Gold Coast Commonwealth Games, 7 April 2018.  WILLIAM WEST Ganda putra Malaysia Tan Wee Kiong/Goh V Shem saat tampil di 2018 Gold Coast Commonwealth Games, 7 April 2018.

KOMPAS.com - Indonesia membawa tiga pasangan ganda putra terbaiknya di Piala Sudirman 2019 yang digelar di Nanning, China, 19-26 Mei.

Tiga pasangan tersebut yakni Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo (peringkat 1 dunia), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (peringkat 4 dunia), dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (peringkat 5 dunia).

Melihat tiga pasangan ganda putra Indonesia yang berada di lima besar dunia, pebulu tangkis ganda campuran Malaysia, Goh V Shem, mengakui jika ganda putra Indonesia memiliki kelas di atas ganda putra lainnya khususnya Malaysia di tahun ini.

Goh V Shem yang berada di peringkat ke-15 dunia bersama Tan Wee Kiong mengatakan bahwa ganda putra Indonesia menjadi lawan utama bagi mereka di Kejuaraan Dunia yang akan berlangsung di Besel, Swiss, 19-25 Agustus mendatang.

"Persaingan di sektor ganda putra selalu terjadi secara ketat, tetapi ganda putra Indonesia meningkatkan kualitas permainan mereka tahun ini," ujar Goh V Shem dikutip Kompas.com dari The Star.

Goh V Shem juga menyebut dirinya dan Tan Wee Kiong harus bekerja keras dan meningkatkan kualitas permainan mereka untuk bisa mengalahkan Marcus/Kevin.

Baca juga: Piala Sudirman 2019, Susy Susanti dan Teriknya Cuaca di Nanning

"Dari tiga pasangan , Marcus/Kevin sangat luar biasa. Kami benar-benar harus meningkatkan kualitas permainan kami agar bisa mengalahkan mereka," lanjut Goh V Shem.

Peraih medali perak Olimpiade Rio tersebut juga menegaskan bahwa dirinya masih ingin bermain di Olimpiade Tokyo tahun depan. Namun, mereka harus berada di peringkat 16 besar dunia sampai periode kualifikasi menuju Olimpiade Tokyo berakhir April 2020.

"Semua turnamen penting selama periode kualifikasi menuju Olimpiade. Kami tidak ikut serta di Piala Sudirman, maka dari itu Kejuaraan Dunia menjadi turnamen paling penting bagi kami di tahun ini," ucap Goh V Shem.

Goh V Shem/Tan Wee Kiong akan kembali bertanding di Australian Open, 4-9 Juni mendatang.

Meski tidak tergabung ke tim Malaysia yang bertanding di Piala Sudirman 2019, Goh V Shem mengaku tetap mengikuti perkembangan Piala Sudirman 2019 yang sudah dimulai kemarin, Minggu (19/5/2019).

Baca juga: Piala Sudirman, Pelatih Ganda Campuran Sebut Inggris Pakai Cara Kurang Sportif

"China, Denmark, dan Jepang juga mempunyai pebulu tangkis ganda yang bagus. Kami akan mengikuti pertandingan mereka," tambah Goh V Shem.

Pada laga pertama penyisihan grup 1B Piala Sudirman 2019, Marcus/Kevin berhasil membawa Indonesia unggul atas Inggris setelah mengalahkan Marcus Ellis/Chris Langridge dengan 21-19, 21-18.

Indonesia menang atas Inggris setelah Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putra) berhasil mengalahkan lawannya dua gim langsung.

Meskipun Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti gagal menyumbang poin, Indonesia dipastikan menang 4-1 atas Inggris.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X