Al-Araibi Senang Jadi Warga Australia

Kompas.com - 18/05/2019, 23:09 WIB
Hakeem al-Araibi dan Craig FosterABC Hakeem al-Araibi dan Craig Foster

MELBOURNE, Kompas.com - Seorang atlet sepakbola dengan status pengungsi di Australia mengaku senang akhirnya dapat menggunakan haknya sebagai warga baru Australia dengan mengikuti pemilihan umum, Sabtu ini.

Hakeem al-Araibi, mantan pemain timnas sepakbola Bahrain memperoleh status warganegara Australia dalam sebuah upacara, Maret lalu.

Ia mengunggah foto pada akun media sosial miliknya di Twitter dan Instagram  memperlihatkan dirinya berada di tempat  pemilihan  sambil menunjukkan tanda kemenangan dengan 2 jari. "Hari ini saya untuk pertamakali melakukan pemilihan. Sangat menyenangkan dapat memilih di Australia. Saya harapkan yang terbaik buat negara ini," tulisnya dalam akun twitter.

Tahun lalu, Al-Araibi sempat menjadi perhatian dunia saat ia ditahan otoritas Thailand saat melakukan perjalanan bulan madu di sana. Otoritas Thailand menyebut mereka melakukan tinfakan tersebut atas desakan dari pemerintah Bahrain.

Lewat desakan masyarakat dunia, Al-Araibi akhirnya  bisa dipulangkan ke Australia. Di negara ini ia telah memperoleh status pengungsi dan menjadi penduduk sejak 2017 setelah meninggalkan Bahrain akibat tindakan represif pemerintah negara tersebut.



Terkini Lainnya


Close Ads X