Kompas.com - 18/05/2019, 23:09 WIB

MELBOURNE, Kompas.com - Seorang atlet sepakbola dengan status pengungsi di Australia mengaku senang akhirnya dapat menggunakan haknya sebagai warga baru Australia dengan mengikuti pemilihan umum, Sabtu ini.

Hakeem al-Araibi, mantan pemain timnas sepakbola Bahrain memperoleh status warganegara Australia dalam sebuah upacara, Maret lalu.

Ia mengunggah foto pada akun media sosial miliknya di Twitter dan Instagram  memperlihatkan dirinya berada di tempat  pemilihan  sambil menunjukkan tanda kemenangan dengan 2 jari. "Hari ini saya untuk pertamakali melakukan pemilihan. Sangat menyenangkan dapat memilih di Australia. Saya harapkan yang terbaik buat negara ini," tulisnya dalam akun twitter.

Tahun lalu, Al-Araibi sempat menjadi perhatian dunia saat ia ditahan otoritas Thailand saat melakukan perjalanan bulan madu di sana. Otoritas Thailand menyebut mereka melakukan tinfakan tersebut atas desakan dari pemerintah Bahrain.

Lewat desakan masyarakat dunia, Al-Araibi akhirnya  bisa dipulangkan ke Australia. Di negara ini ia telah memperoleh status pengungsi dan menjadi penduduk sejak 2017 setelah meninggalkan Bahrain akibat tindakan represif pemerintah negara tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.