Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lee Chong Wei Lupakan Mimpi Jadi Juara Dunia

Kompas.com - 08/05/2019, 21:52 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis


KUALA LUMPUR, Kompas.com - Bintang Malaysia, Lee Chong Wei harus melupakan ambisinya menjadi juara dunia setelah harus absen pada kejuaraan dunia 2019 yang akan berlangsung di Swiss, 19-25 Agustus mendatang.

Ini merupakan kali pertama Chong Wei absen pada kejuaraan dunia dan juga membuat peluangnya mengikuti Olimpiade 2020 menjadi terganggu.

Salah satu pimpinan asosiasi bulu tangkis Malaysia (BAM), Michelle Chai membenarkan Chong wei yang kini menempati peringkat 113 dunia tidak akan berangkat ke Swiss.
"Lee Chong Wei tidak akan ikut serta pada kejuaraan dunia karena memang ia tidak lolos kualifikasi," kata Chai.

Setiap negara memiliki hak mengirimkan maksimum dua pemain untuk tiap nomor yang diambil dari pemain yang berada di peringkat 150 besar dunia. Saat ini dua pemain yang memiliki peringkat di atas Chong Wei ada dua: Lee Zii Jia dan Daren Liew.

Hal ini dibenarkan oleh Presiden BAM, Norza Zakaria yang menyebut pihaknya akan mengirim pemain hanya berdasar peringkat pada akhir April. "Setahu kami, Chong Wei tidak masuk dalam daftar dan saat ini ia tengah berusaha meningkatkan kebugarannya," kata Zakaria.

"Saat ini prioritas utama dari Chong wei adalah meningkatkan kebugarannya, jadi sebaiknya kita fokus pada hal ini."

Chong Wei yang merupakan peraih medali perak Olimpiade 2008, 2012 dan 2016, telah absen sejak Juli tahun lalu saat ia didiagnosis  mengidap kanker hidung. Ia kemudian menjalani terapi di Taiwan dan tetap menolak untuk mengundurkan diri sebagai pemain.

Sejak berlatih kembali pada Januari 2019 lalu, Chong Wei gagal tampil du All England dan Malaysia Open pada April lalu. Ia juga absen pada kejuaraan beregu campuran Piala Sudirman yang akan berlangsung di China, Mei ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com