New Zealand Open 2019, Strategi Jonatan Christie Menangi Laga Final

Kompas.com - 05/05/2019, 15:40 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie. BADMINTON INDONESIAPebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie.

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, menerapkan strategi tertentu untuk dapat mengalahkan Ng Ka Long Angus (Hongkong) pada laga final New Zealand Open 2019, Minggu (5/5/2019).

Pada laga final tersebut, Jonatan Christie meraih kemenangan straight game 21-12, 21-13 atas Ng dalam waktu 39 menit.

Baca juga: New Zealand Open 2019, Jonatan Christie Siap Naik Level

Jonatan menyatakan, peluang untuk merebut kemenangan berawal dari kepekaannya melihat kondisi kaki sang lawan.

"Saya melihat kondisi kaki lawan sepertinya tidak enak kalau dilari-lariin. Jadi, saya sengaja membuat dia lari ke sudut lapangan, mungkin ini yang bikin dia enggak enak mainnya," ujar Jonatan yang dikutip dari Badminton Indonesia.

"Saya juga enggak mau terburu-buru menyerang, karena kalau di-smash terus, pertahanannya bagus, makanya saya coba chop silang kiri-kanan, depan-belakang," ucap Jonatan yang kini duduk di peringkat sembilan dunia.

Pola permainan yang diterapkan Jonatan tersebut memang terbukti efektif. Permainannya tampak teratur dan jarang melakukan kesalahan sendiri.

Hal itulah yang membuat Ng kesulitan untuk mengembangkan permainannya, dan kerap melakukan kesalahan beruntun.

"Pada turnamen ini, saya mencoba kembali ke penampilan saya saat Malaysia dan Singapore Open kemarin. Apalagi sekarang sudah mulai pengumpulan poin ke olimpiade," ujar Jonatan.

"Saya berusaha tampil enjoy, rileks, enggak mikirin harus menang, harus dapet poin sekian sekian. Saya fokus partai demi partai, enggak mikirin babak nanti-nantinya, yang hari itu saja dulu," tutur dia.

Baca juga: Zidane Tunggu Paul Pogba di Real Madrid

Kemenangan ini tak hanya menjadi bekal bagi Jonatan untuk berada di jajaran atas peringkat dunia tunggal putra, tetapi juga memperbaiki rekor pertemuannya dengan Ng.

Secara keseluruhan, kedua pemain sudah tujuh kali berjumpa dalam berbagai ajang, dan empat laga di antaranya dimenangi oleh Ng.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X