Kejuaraan Asia 2019, Rinov/Pitha Menang berkat Pengalaman di Vietnam

Kompas.com - 23/04/2019, 15:11 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.BADMINTON INDONESIA Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari.

KOMPAS.com - Pasangan ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari, mengakui kemenangan mereka pada babak pertama Kejuaraan Asia 2019, Selasa (23/4/2019), tak terlepas dari pengalaman yang didapat saat Vietnam International Challenge 2018.

Pada ajang Vietnam International Challenge 2018, Rinov/Pitha dikalahkan wakil tuan rumah, Do Tuan Duc/Pham Nhu Thao, dengan kedudukan 20-22, 21-11, dan 16-21.

Baca juga: Kejuaraan Asia 2019, Hafiz/Gloria Kandaskan Zhang Nan/Li Yinhui

Kini, pada babak pertama Kejuaraan Asia 2019, giliran Rinov/Pitha yang mengalahkan pasangan tersebut dengan skor 21-11, 21-14.

"Kami sudah pernah ketemu di Vietnam pada tahun lalu, dan kami kalah. Sekarang, kami tidak mau kalah lagi, dari awal sudah berusaha untuk main menyerang lebih dulu," kata Pitha dikutip dari Badminton Indonesia.

Di sisi lain, Rinov mengakui bahwa dia dan Pitha masih beradaptasi dengan kondisi di lapangan.

Pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, melangkah ke final Swiss Open, 16 Maret 2019. 
PBSI/Nafielah Pasangan ganda campuran, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, melangkah ke final Swiss Open, 16 Maret 2019.

"Pada pertandingan pertama ini, kami masih meraba situasi lapangan, lampu, dan angin. Sejauh ini semuanya normal," ujar Rinov.

Lawan Rinov/Pitha pada babak berikutnya bisa dikatakan tak mudah. Mereka akan menghadapi pasangan unggulan ketiga asal Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino.

Kedua pasangan belum pernah saling berhadapan. Meski begitu, Rinov/Pitha tetap optimistis dalam turnamen ini.

"Kami belum pernah ketemu, tettapi kans untuk menang tetap ada. Kalau di level ini, skill-nya sudah merata semua," tutur Rinov soal peluang di babak kedua.

Baca juga: Malaysia Tak Ingin Bebani Lee Chong Wei untuk Ikut Piala Sudirman 2019

"Kami sudah cukup terbiasa bertanding di turnamen top level, kami sudah banyak diberi kesempatan bertanding di level atas. Jadi, sudah mengerti bagaimana permainan di top level," ujarnya.

Pada Kejuaraan Asia 2019, Indonesia mengirimkan empat pasangan ganda campuran.

Selain Rinov/Pitha, ada Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.



Terkini Lainnya


Close Ads X