Jadwal Bulu Tangkis Olimpiade Tokyo 2020

Kompas.com - 16/04/2019, 22:08 WIB
Pasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berfoto dengan medali emas Olimpiade Rio yang dimenangi setelah mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying Goh, 21-14, 21-12, pada laga final di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, (17/8/2016). GOH CHAI HIN/AFP PHOTOPasangan ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, berfoto dengan medali emas Olimpiade Rio yang dimenangi setelah mengalahkan wakil Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying Goh, 21-14, 21-12, pada laga final di Riocentro Pavilion 4, Rio de Janeiro, Brasil, (17/8/2016).

KOMPAS.com - Panitia penyelenggara Olimpiade Tokyo 2020 mengumumkan jadwal kompetisi masing-masing cabang olahraga, termasuk pertandingan bulu tangkis.

Secara keseluruhan, Olimpiade Tokyo 2020 akan menampilkan 33 cabang olahraga dan 339 pertandingan mulai dari 24 Juli sampai 9 Agustus. Namun untuk bulu tangkis, panitia menjadwalkannya pada 25 Juli-3 Agustus.

Dari 10 hari tersebut, enam hari akan dipakai untuk mempertandingkan babak penyisihan grup dan fase eliminasi, sedangkan empat hari lainnya bakal menjadi hari perebutan medali.

Baca Juga: Tekad Lee Chong Wei Mewujudkan Mimpi Emas Olimpiade

Dilansir BolaSport.com dari Tokyo2020.org, ada lima nomor pertandingan pada cabang olahraga bulu tangkis yakni tunggal putra dan putri serta ganda putra putri, dan campuran.

Pada sektor tunggal, para kontestan akan dibagi ke dalam 16 grup yang terdiri dari tiga sampai empat pemain.

Pemain dengan peringkat terbaik pada penyisihan grup berhak atas satu tempat pada babak 16 besar yang menjadi awal fase eliminasi.

Sementara itu, pada sektor ganda, para Olimpian bakal dipecah ke empat grup yang terdiri dari empat pasangan. Nantinya, dua pasangan terbaik dari masing-masing grup akan melanjutkan kiprah mereka pada babak perempat final.

Seperti sejumlah cabang olahraga lainnya, bulu tangkis juga akan memiliki jadwal pertandingan bertajuk "Super Saturday" dan "Golden Sunday" pada 1-2 Agustus 2020.

Baca Juga: Ini Salah Satu Kontrak Berjangka Panjang dengan Komite Olimpiade Internasional

Penempatan jadwal pertandingan pada akhir pekan itu diharapkan mampu menyedot lebih banyak atensi, baik dari penonton yang menyaksikan langsung di stadion di Tokyo, maupun melalui siaran televisi di seluruh dunia.

Untuk "Super Saturday" pada cabang olahraga bulu tangkis, panitia menjadwalkan pertandingan perebutan medali emas dan perunggu nomor ganda putra.

Adapun untuk "Golden Sunday" pada bulu tangkis, panitia menjadwalkan pertandingan perebutan medali emas dan perunggu nomor tunggal putri.

Sementara itu, rangkaian laga perebutan medali emas dan perunggu nomor ganda campuran akan dimainkan pada 31 Juli.

Pada hari terakhir penyelenggaraan bulu tangkis, Olimpiade Tokyo 2020 akan memainkan pertandingan perebutan medali emas dan perunggu nomor ganda putri pada sesi siang, serta perebutan medali emas dan perunggu nomor tunggal putra pada sesi malam. (Diya Farida Purnawangsuni)

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Sumber BolaSport
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X