Hasil MotoGP Amerika, Alex Rins Ungguli Valentino Rossi

Kompas.com - 15/04/2019, 02:45 WIB
Pembalap asal Spanyol dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat menjalani latihan bebas MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 29 Maret 2019. AFP/JUAN MABROMATAPembalap asal Spanyol dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, saat menjalani latihan bebas MotoGP Argentina di Sirkuit Termas de Rio Hondo, Argentina, 29 Maret 2019.

TEXAS, KOMPAS.com - Pembalap Spanyol dari tim Suzuki Ecstar, Alex Rins, sukses menjadi juara pada balapan MotoGP Amerika yang digelar di Sirkuit Americas (COTA), Texas, Amerika Serikat, Minggu (14/4/2019) waktu setempat.

Dari hasil MotoGP di Sirkuit Americas yang berlangsung dalam 20 putaran tersebut, Alex Rins berhasil mengungguli Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Jack Miller (Alma Pramac Racing).

Hasil yang diraih pada MotoGP Amerika menjadi kemenangan pertama Alex Rins selama berkiprah di ajang balap motor kelas premier tersebut sejak 2017.

Jalannya balapan MotoGP Amerika

Saat awal balapan, Marc Marquez yang start dari urutan terdepan sukses mempertahankan posisinya. Ia bersaing dengan Valentino Rossi di posisi kedua, serta Cal Cruthclow (LCR Honda Castrol) di posisi ketiga.

Sementara itu, persaingan sengit terjadi di antara Alex Rins dan Jack Miller dalam perebutan posisi keempat.

Ketika balapan berjalan dua putaran, panitia balapan menjatuhkan penalti kepada Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Joan Mir (Suzuki Ecstar) akibat jump start (melakukan start sebelum balapan dimulai).

Memasuki putaran kelima, Crutchlow yang menempati posisi ketiga terjatuh saat sedang membuntuti Rossi di tikungan 11.

Peringkat ketiga pun diduduki oleh Miller, yang kemudian diikuti oleh Rins di posisi keempat.

Saat balapan tersisa 12 putaran, insiden jatuh kembali terjadi. Kali ini dialami oleh sang pemimpin balapan, Marquez.

Marquez terjatuh saat melewati tikungan 12. Kala itu, dia sedang unggul sekitar 3 detik atas Rossi.

Alhasil, posisi pertama pun diambil alih oleh Rossi, sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati Miller dan Rins.

Malapetaka bagi tim Repsol Honda Team tak berhenti sampai di situ. Pembalap mereka lainnya, Jorge Lorenzo, mengalami permasalahan mesin.

Persoalan mesin membuat mantan pembalap Ducati itu tak bisa melanjutkan balapan. Repsol Honda Team pun kini tak lagi memiliki pembalap di lintasan.

Sementara itu, posisi tiga besar balapan kini ditempati Rossi, Rins, dan Miller. Dua pembalap terdepan terlibat persaingan sengit.

Kejutan kemudian terjadi saat balapan tersisa empat putaran. Rins yang menempel ketat Rossi akhirnya sukses menempati posisi pertama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X