Juara Malaysia Open, Lin Dan Akhiri Paceklik Gelar Sejak Mei 2018

Kompas.com - 07/04/2019, 16:11 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan. BWF BADMINTONPebulu tangkis tunggal putra China, Lin Dan.

KOMPAS.com - Legenda bulu tangkis dunia yang pernah menjadi andalan China, Lin Dan, mengakhiri paceklik gelar juara. Si kidal berusia 35 tahun tersebut naik podium utama setelah memenangi turnamen Malaysia Open 2019.

Dalam partai final di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (7/4/2019), Lin Dan mengalahkan kompatriotnya, Chen Long. Dalam duel berdurasi 78 menit, Lin Dan menang rubber game 9-21, 21-17, 21-11.

Baca Juga: Singgung Lee Chong Wei, Lin Dan Belum Berencana Pensiun

Hasil ini tak hanya membuat Lin Dan menambah keunggulan menjadi 9-4 dalam rekor pertemuan dengan Chen Long. Peraih dua medali emas Olimpiade ini pun untuk kali pertama meraih gelar juara sejak Mei 2018 saat mengalahkan Jonatan Christie pada final New Zealand Open 2018.

Artinya, Lin Dan harus menunggu hampir selama satu tahun untuk kembali merasakan gelar juara. Hal yang terbilang langka karena saat berada di puncak penampilan, Lin Dan nyaris tak pernah nirgelar, terutama turnamen-turnamen level atas.

Baca Juga: Singkirkan Unggulan Ketiga, Lin Dan Jaga Asa Raih Gelar Malaysia Open

Ini menjadi gelar kedua Lin Dan dalam turnamen level Super 750 tersebut. Sebelumnya, dia pernah naik podium utama pada tahun 2017 setelah mengalahkan rival utamanya yang merupakan pemain andalan Malaysia, Lee Chong Wei, yang tahun lalu menjadi juara.

Chong Wei tak bisa mempertahankan gelar ini yang sudah dia raih sebanyak 12 kali (rekor yang akan sulit dikalahkan pemain lain) karena tak mendapat izin dari dokter. Pasalnya, peraih tiga medali perak Olimpiade ini baru sembuh dari kanker hidung stadium awal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X