Jonatan Akui Chen Long Jauh Lebih Tenang

Kompas.com - 06/04/2019, 17:19 WIB
Kekalahan ini menjadi yang ketujuh kalinya Jonatan dengan Chen. Sejak pertama kali berhadapan di Piala Sudirman 2015 lalu, Jonatan belum bisa merebut satu kemenangan pun.
badmintonindonesiaKekalahan ini menjadi yang ketujuh kalinya Jonatan dengan Chen. Sejak pertama kali berhadapan di Piala Sudirman 2015 lalu, Jonatan belum bisa merebut satu kemenangan pun.

KUALA LUMPUR, Kompas.com - Langkah Jonatan Christie terhenti di semifinal Malaysia Open 2019, Sabtu (6/4). Berlaga di Axiata Arena, Kuala Lumpur Sports City, Malaysia, Jonatan masih harus mengakui keunggulan Chen Long (Tiongkok) dengan skor akhir 21-12, 10-21, 15-21.

Kekalahan ini menjadi yang ketujuh kalinya Jonatan dengan Chen. Sejak pertama kali berhadapan di Piala Sudirman 2015 lalu, Jonatan belum bisa merebut satu kemenangan pun.

“Sudah saya perkirakan kalau berhadapan dengan Chen Long tidak akan mudah. Head to head saya juga ketinggalan jauh. Tapi saya sudah mencoba melakukan yang terbaik,” ujar Jonatan.

Jonatan membuka gim pertama dengan kemenangan 21-12. Namun di gim kedua, Jonatan tak bisa banyak bicara dengan ketertinggalannya. Ia kalah cukup jauh dengan 10-21.

Beranjak ke gim penentu, Jonatan kembali mencoba membuka peluang dengan unggul 11-10 pada jeda interval. Sayang setelah angka 12 sama, Jonatan kehilangan tujuh angka berurutan. Jonatan pun akhirnya harus mengakui kebolehan peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 tersebut.

“Di gim pertama dengan keadaan kalah angin, saya saya bisa bermain cukup baik dan Chen Long juga banyak melakukan kesalahan sendiri. Tapi saat saya pindah tempat dan menang angin, membuat lawan lebih enak dengan pola defendnya. Dan saya merasa anginnya cukup menganggu sedikit stroke saya. Jadi tadi beberapa kali banyak unforced error dan beberapa kali buru-buru juga. Tapi sejauh ini, secara keseluruhan saya sudah cukup puas dengan permainan saya, meskipun hasilnya belum maksimal,” jelas Jonatan.

“Chen Long sudah lebih percaya diri untuk menghadapi saya. Kemudian saya rasa dia jauh lebih tenang dibanding Viktor Axelsen kemarin. Di saat saya bermain cepat dia bisa mengimbangi permainan saya. Jadi beberapa kali pola saya cukup patah di tangan Chen Long,” sambungnya lagi.

Jonatan tak bisa melanjutkan langkahnya ke babak final. Namun Indonesia masih punya peluang mengirimkan satu wakil ke partai puncak. Pasangan ganda putra, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto akan bermain di babak semifinal melawan unggulan tiga, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda (Jepang).

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X