Kompas.com - 30/03/2019, 05:47 WIB
Pebalap Formula 2 asal Indonesia, Sean Gelael, sedang menjalani sesi kualifikasi seri pertama di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Jumat (29/3/2019). Dok. Jagonya AyamPebalap Formula 2 asal Indonesia, Sean Gelael, sedang menjalani sesi kualifikasi seri pertama di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Jumat (29/3/2019).

KOMPAS.com - Hasil positif ditorehkan pebalap Indonesia dari tim Prema Racing, Sean Gelael, pada babak kualifikasi seri pertama FIA Formula 2 2019 di Sirkuit Sakhir, Bahrain, Jumat (29/3/2019).

Dalam sesi tersebut, pemuda kelahiran Jakarta pada 22 tahun lalu itu sukses menduduki posisi ke-7 dengan catatan waktu 1 menit 41,254 detik.

Baca juga: Kalahkan Tontowi/Winny, Hafiz/Gloria Lolos ke Semifinal India Open

Catatan itu dicapai Sean setelah melewati suatu proses "perjudian besar" yang berhasil. Ia mengambil keputusan tidak lazim untuk babak kualifikasi, yakni menggunakan ban prime (medium) untuk percobaan pertama, lalu option (soft) di kedua.

Pada umumnya, saat babak kualifikasi, para pebalap menggunakan ban option dan option untuk kedua percobaan yang mereka lakukan.

Pasalnya, karena karakter ban option yang lunak dan punya grip bagus berpotensi bisa membuat lap time yang bagus.

"Saya lebih memilih untuk menyimpan satu set ban option guna dipakai lomba, ketimbang menghabiskannya pada sesi kualifikasi," kata Sean.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Toh waktu yang dibuat untuk usaha pertama, pakai ban apa pun, biasanya tidak sebagus usaha kedua."

Perjudian itu membuahkan hasil besar bagi Sean. Awalnya, pada usaha pertama dengan ban prime, dia ada di posisi ke-18. Namun setelah berganti dengan ban option, posisi Sean melonjak.

Bagi seorang Sean, posisi start ini adalah sebuah lompatan besar karena rataan posisi startnya tahun lalu adalah 15.

"Saya sangat senang dengan hasil kualifikasi ini. Yang lebih membuat saya senang adalah saya tidak membuat kesalahan sedikit pun pada usaha kedua," ujar Sean.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.