Ke Semifinal, Rinov/Pitha Jaga Asa Raih Gelar Swiss Open 2019

Kompas.com - 15/03/2019, 21:11 WIB
Rinov Rivaldy /Pitha Haningtyas Mentari Rinov Rivaldy /Pitha Haningtyas Mentari

KOMPAS.com - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari, menjaga asa meraih gelar turnamen bulu tangkis Swiss Open 2019. Unggulan delapan ini lolos ke semifinal setelah menang atas wakil Inggris, Marcus Ellis/Lauren Smith.

Rinov/Pitha harus berjuang selama 1 jam 6 menit untuk melangkah ke babak empat besar turnamen level Super 300 ini. Dalam laga perempat final di St Jakobshalle, Basel, Swiss, Jumat (15/3/2019), Rinov/Pitha mengalahkan unggulan kedua itu dengan rubber game 19-21, 21-14, 21-17.

Baca Juga: Jadwal Perempat Final Swiss Open, Anthony Ginting Lawan Lin Dan

Ini merupakan pertemuan pertama Rinov/Pitha, yang kini menempati ranking 19 dunia, dengan pasangan peringkat ke-11 dunia tersebut. Hasil ini pun memelihara harapan satu-satunya ganda campuran Indonesia itu untuk membawa pulang gelar ke Tanah Air.

Pada babak semifinal, Sabtu (16/3), Rinov/Pitha akan bertemu wakil Taiwan, Lu Ching Yao/Lee Chia Hsin. Pasangan yang lolos dari kualifikasi ini menang straight game 21-18, 22-20 atas unggulan keempat dari Jerman, Mark Lamsfuss/Isabel Herttrich.

Secara keseluruhan, Indonesia memiliki lima wakil yang tampil dalam babak perempat final ini. Selain Rinov/Pitha, ada tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting serta tiga ganda putra, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Wahyu Nayaka Arya Pangkaryanira/Ade Yusuf Santoso dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Baca Juga: Sakit Perut Akut, Saina Nehwal Batal Berlaga di Swiss Open 2019

Anthony, yang merupakan unggulan keempat, akan berjumpa legenda bulu tangkis China, Lin Dan (unggulan 7), sedangkan Ahsan/Hendra (unggulan 3), yang pekan lalu juara All England Open, bertemu wakil Taiwan, Lee Yang/Wang Chi-Lin (unggulan 8).

Sementara itu, Wahyu/Ade dan Fajar/Rian, harus terlibat perang saudara yang berarti satu wakil harus tersingkir. Namun di sisi lain, pertarungan ini memastikan satu tiket semifinal ganda putra milik Indonesia.



Terkini Lainnya


Close Ads X