Jangan Terlalu Berharap Chong Wei Berpartisipasi dalam Malaysia Open

Kompas.com - 15/03/2019, 17:56 WIB
Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei bertanding melawan pemain tunggal putra India, Prannoy Haseena Sunil Kumar pada pertandingan babak kedua BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (15/6/2017). Lee Chong Wei gagal melaju ke perempat final setelah kalah dengan skor 10-21 dan 18-21.KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO Pemain tunggal putra Malaysia, Lee Chong Wei bertanding melawan pemain tunggal putra India, Prannoy Haseena Sunil Kumar pada pertandingan babak kedua BCA Indonesia Open Super Series Premier 2017 di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Kamis (15/6/2017). Lee Chong Wei gagal melaju ke perempat final setelah kalah dengan skor 10-21 dan 18-21.

KOMPAS.com - Presiden Asosiasi Bulu Tangkis Malaysia, Datuk Seri Norza Zakaria, meminta warga Malaysia tidak berharap terlalu tinggi soal kembalinya tunggal putra terbaik negara itu, Lee Chong Wei, pada ajang Malaysia Open yang bergulir 2-7 April.

Norza mengatakan, kepastian Lee Chong Wei bisa kembali berkompetisi baru bisa diketahui setelah dia bertemu dengan dokternya di Taiwan pada Senin (18/3/2019).

Baca Juga: Rionny Mainaky Resmi Jadi Pelatih Utama Tunggal Putri Indonesia

"Saran saya kepada para penggemar adalah jangan terlalu berharap Lee Chong Wei akan berpartisipasi," kata Norza setelah mengadakan pertemuan di Akademi Bulu Tangkis Malaysia di Bukit Kiara seperti dilansir BolaSport.com dari The Star.

"Pada Selasa kita akan mengetahui keputusan dan dari pembicaraan saya dengan Chong Wei, baru setelah itu kami memberikan kepastian dan dapat menjamin partisipasinya dalam Piala Sudirman," ucap Norza.

Menurut Norza, aspek kesehatan dan pemulihan kondisi pria pria berusia 36 tahun tersebut sangat penting.

"Langkah ini kami lakukan karena kami ingin melihatnya pada Olimpiade Tokyo 2020. Jika kami hanya mendorongnya tampil untuk Malaysia Open demi penjualan tiket, kami tidak mengutamakan kepentingan nasional," tutur Norza.

Baca Juga: Pesan Lee Chong Wei untuk Para Pebulu Tangkis Nasional Malaysia

"Jadi, beri dia waktu dan ruang, dan dia akan kembali," ujar Norza.

Jika Lee Chong Wei kembali, pemenang 12 titel Malaysia Open itu akan menghadapi Kidambi Srikanth (India) pada babak pertama.

Pemain berusia 36 tahun itu sudah lama tidak berkompetisi sejak Juli 2018 setelah didiagnosis menderita kanker hidung stadium awal. Mantan pemain nomor satu dunia ini sempat memasang target kembali pada All England Open 2019 yang berakhir pekan lalu, tetapi rencana itu batal karena dia mengikuti saran dokternya.

Tanpa mengikuti turnamen sejak semifinal Indonesian Open 2018 pada bulan Juli, peringkat Chong Wei drastis. Dari peringkat ke-2, kini dia berada di urutan ke-41 dunia pada pekan ini. (Delia Mustikasari)




Close Ads X