Lewis Hamilton Jadi yang Tercepat pada Sesi FP1 GP Australia

Kompas.com - 15/03/2019, 10:11 WIB
Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, memacu mobilnya pada GP Meksiko di Sirkuit Hermanos Rodriguez, 28 Oktober 2018. AFP/PEDRO PARDO Pebalap Mercedes asal Inggris, Lewis Hamilton, memacu mobilnya pada GP Meksiko di Sirkuit Hermanos Rodriguez, 28 Oktober 2018.

KOMPAS.com - Sesi latihan bebas untuk Formula 1 ( F1) 2019 yang juga merupakan free practice (FP) 1 GP Australia 2019 baru saja berakhir pada Jumat (15/3/2019).

Setelah berlangsung selama 90 menit, Lewis Hamilton (Mercedes) keluar sebagai pebalap dengan catatan waktu tercepat dalam sesi tersebut.

Hamilton membukukan waktu terbaik 1 menit 23,599 detik dari 26 lap yang dilahapnya sepanjang sesi FP1 F1 GP Australia 2019 berlangsung.

Meski tampil tercepat, Lewis Hamilton tak boleh berpuas diri lantaran duo Ferrari, Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, mengintai di posisi kedua dan ketiga.

Kimi Raikkonen (Alfa Romeo) menjadi pebalap pertama yang turun ke lintasan dalam sesi yang berlangsung di Melbourne Grand Prix Circuit, Australia, tersebut.

Baca juga: Lewis Hamilton Ketagihan Jajal Motor Balap

Tak butuh waktu lama, beberapa pebalap pun menyusul langkah Raikkonen untuk mengaspal di lintasan sepanjang 5,303 km yang tersedia.

Meski begitu, para pebalap seolah tak ingin buru-buru untuk mencatatkan waktu tercepat dan masih meraba-raba setting-an yang akan mereka uji dalam sesi latihan ini.

Setelah 20 menit berlalu, FP1 akhirnya diwarnai dengan usaha pencatatan waktu tercepat yang dilakukan oleh pebalap Mercedes, Valtteri Bottas.

Dalam usaha pertamanya tersebut, Bottas membukukan catatan waktu 1 menit 26,454 detik untuk satu putaran cepat.

Tanpa mendapat aba-aba, pebalap F1 lainnya pun segera menyusul langkah Valtteri Bottas untuk melakukan putaran cepat.

Baca juga: Lewis Hamilton Komentari Penurunan Jumlah Penonton Balapan F1

Meski sejumlah pebalap mencatatkan waktu tercepat, Bottas mampu bertahan sebagai yang tercepat seusai mempertajam catatannya menjadi 1 menit 24,679 detik.

Pada saat semua pembalap turun ke lintasan, Nico Hulkenberg (Renault) menjadi satu-satunya driver yang belum memacu mobilnya di atas aspal.

Hulkenberg tak kunjung mengaspal lantaran mobilnya mengalami kendala pada bagian elektronik.

Sesi berlangsung separuh jalan, 45 menit, seluruh pebalap terlihat masuk ke dalam paddock masing-masing.

Tak lama kemudian, para pebalap mulai kembali turun ke lintasan dan beberapa di antaranya mengganti ban medium yang sebelumnya dipakai dengan ban berkompon soft.

Alhasil catatan waktu beberapa pembalap menjadi lebih cepat, salah satunya adalah milik pembalap Mercedes, Lewis Hamilton.

Lima kali juara dunia F1 itu mampu membukukan waktu tercepat dengan torehan 1 menit 23,599 detik.

Bendera merah sempat berkibar pada FP1 setelah Alexander Albon (Toro Rosso) mengalami insiden yang mengakibatkan sayap depan mobilnya terlepas.

Insiden juga sempat dialami oleh Valtteri Bottas yang keluar lintasan setelah mobilnya mengalami spin di tikungan ketiga.

Sementara itu, dua pebalap Ferrari, yakni Sebastian Vettel dan Charles Leclerc, yang sempat "malu-malu" di awal sesi mulai menunjukkan tajinya.

Keduanya mampu memacu mobil SF90 dan membuat mereka bertengger di daftar teratas menyaingi duo Mercedes serta Max Verstappen (Red Bull Racing).

Hingga sesi FP1 berakhir, catatan waktu tercepat milik Lewis Hamilton tak mampu disaingi oleh duo Ferrari hingga sesi FP1 berakhir.

Meski demikian, kecepatan duo tim Kuda Jingkrak jelas menjadi sinyal bahaya bagi Mercedes sepanjang akhir pekan ini. (Doddy Wiratama)



Close Ads X