Kompas.com - 06/03/2019, 14:16 WIB
Bola basket SMA di Amerika Serikat Bola basket SMA di Amerika Serikat

 

NEW YORK, Kompas.com - Seorang mantan eksekutif Adidas dijatuhi hukuman penjara 9 bulan karena terbukti menyuap beberapa pemain muda setingkat SMA untuk perkembangan karir mereka.

Jim Gatto yang pernah menjabat sebagai direktur pemasaran Adidas, dituduh membayar beberapa bintang bola basket SMA dengan tujuan mengikat mereka dengan perusahaan peralatan olahraga tersebut untuk masa depan sebagai pemain.

Pembayaran tersebut memiliki tiga tujuan yaitu membawa mereka memperkuat perguruan tinggi yang disponsori Adidas, bergabung dengan Adidas saat mereka terjun ke pro serta pada akhirnya menandatangani kontrak dengan Christian Dawkins, agen rekanan Gatto.

Bukti menunjukkan keluarga Dennis Smith Jr -point guard New York Knicks- menerima 40 ribu dolar AS dalam proses perekrutan ini.

Christian Dawkins sendiri dijatuhi hukuman penjara selama enam bulan, Selasa (05/03/2019) bersama Merl Code yang juga terlibat dalam skema kerjasama ini.

Saksi yang dihadirkan mengatakan bahwa Deandre Ayton, pemain pertama dalam seleksi draft NBA 2018, juga masuk dalam skema ini.'

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengadilan juga mengungkap praktik serupa untuk tingkat perguruan tinggi yang juga melibatkan uang miliaran dolar AS, tetapi para atlet tersebut menerima pembayaran di luar beasiswa sekolah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.