Ferrari Hapus Sponsor Rokok

Kompas.com - 05/03/2019, 15:18 WIB
Pebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, menjalani sesi kualifikasi di Monza, 1 September 2018. AFP/ANDREJ ISAKOVICPebalap Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel, menjalani sesi kualifikasi di Monza, 1 September 2018.

MELBOURNE, Kompas.com - Tim F1 Ferrari tak akan menggunakan sponsor perusahaan rokok raksasa Philip Morris untuk lomba pembuka musim pada GP Australia menyusul adanya penyelidikan terhadap pelanggaran peraturan.

Dalam daftar nama yang keluarkan FIA jelang GP Australia di Melbourne, pertengahan Maret, tim Ferrari tak lagi menggunakan nama resmi, "Scuderia Ferrari Mission Winnow," menjadi hanya "Scuderia Ferrari."

FIA memang menentang  iklan atau pun sponsor yang berasal dari perusahaan rokok atau tembakau, namun pihak Philip MOrris pada Oktober lalu memasukkan nama dan menggunakan lolgo,"Mission Winnow."

Logo ini mulai diperkenalkan pada GP Jepang Oktober lalu.  Namun badan pengawas komunikasi Australia menyebut akan melakukan penyelidikan apakah  penggunaan logo tersebut melanggar aturan pelarangan iklan rokok pada siaran televisi.

Pemerintah negara bagian Victoria juga mendukung pelarangan penggunaan merk yang kontroversial tersebut.  

Namun belum dipastikan apakah pencopotan logo tersebut juga termasuk yang digunakan di mobil Ferrari dan helm pebalap.

Pihak Ferrari dan Philip Morris belum memberikan pernyataan apa pun berkaitan dengan kontroversi ini.

Pihak penyelenggara GP Australia menyebutkan akan bekerjasama dengan pemilik F1 dan pemerintah negara bagian untuk menyelesaikan kasus ini.

Iklan perusahaan  rokok di ajang F1 telah mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir  untuk menutupi anggaran setiap tim yang terus melambung.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X