Kompas.com - 22/02/2019, 09:00 WIB
Rencana pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok Motorsport.comRencana pembangunan sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok
Penulis Alsadad Rudi
|

KOMPAS.com - Sirkuit Mandalika direncanakan jadi lokasi penyelenggaraan MotoGP Indonesia mulai 2021 mendatang.

Sirkuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ini akan menjadi sirkuit jalanan pertama di ajang balap motor paling bergengsi di dunia itu.

"Jadi, konsep kami street circuit. Ketika tidak sedang dipakai (balapan), maka akan menjadi jalan (raya) kawasan biasa," kata Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer, dikutip dari Motorsport.com Indonesia, Kamis (21/2/2019).

Tak seperti di ajang Formula 1, MotoGP memang tercatat belum pernah menggelar balapan di sirkuit jalanan.

Baca juga: Jadi Tuan Rumah MotoGP 2021, Sirkuit Mandalika Mulai Dibangun Oktober

Selama ini, balapan MotoGP hanya digelar di sirkuit permanen. Inovasi yang dilakukan hanyalah menggelar balapan pada malam hari, seperti yang dilakukan di Sirkuit Losail, Qatar.

Direktur Pengembangan ITDC, AA Ngurah Wirawan, menyatakan, pembangunan Sirkuit Mandalika ditargetkan bisa rampung pada akhir 2020.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut rencana, ITDC bakal menggandeng Vinci Construction Grands Projects asal Perancis untuk membangun lintasan balap sepanjang 4,3 km di Mandalika. Soal pembiayaan, mereka sudah bekerja sama dengan pihak Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Baca juga: ITDC Klaim Indonesia Bakal Gelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika

"Untuk tahap awal, kami hanya membangun jalan dasarnya saja. Selebihnya akan ditangani oleh Vinci pada tahun berikutnya," tutur dia, seperti dilansir BolaSport.com dari Tribunnews.com.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.