Kompas.com - 21/02/2019, 18:59 WIB

KOMPAS.com - Sirkuit jalanan di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), akan mulai dibangun pada Oktober 2019 untuk menggelar balapan MotoGP 2021.

Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) atau PT. Pengembangan Pariwisata Indonesia mengklaim telah menandatangani kontrak kerja sama dengan pihak promotor MotoGP, Dorna.

Menurut rencana, MotoGP Indonesia bakal masuk ke kalender balap pada musim 2021 dengan Mandalika, NTB, sebagai tuan rumah.

Penunjukkan kawasan Mandalika sebenarnya bukan hal yang mengejutkan, mengingat Carmelo Ezpelata (Bos Dorna) sudah mengunjungi lokasi itu pada akhir 2018 lalu.

Menggunakan konsep sirkuit jalanan, arena lomba MotoGP di Mandalika itu akan mulai dibangun pada Oktober 2019.

Baca juga: ITDC Klaim Indonesia Bakal Gelar MotoGP 2021 di Sirkuit Mandalika

Rencana itu disampakan oleh Direktur Pengembangan ITDC, A.A Ngurah Wirawan, yang juga bertanggung jawab pada pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

A.A. Ngurah Wirawan pun menyampaikan rencana pengembangan Sirkuit Mandalika yang ditargetkan bisa rampung pada akhir 2020.

"Untuk tahap awal, kami hanya membangun jalan dasarnya saja. Selebihnya akan ditangani oleh Vinci pada tahun berikutnya," tutur dia, seperti dilansir BolaSport.com dariTribunnews.com, Kamis (21/2/2019).

Menurut rencana, ITDC bakal menggandeng Vinci Construction Grands Projects asal Perancis untuk membangun lintasan balap sepanjang 4,3 Km di Mandalika.

Soal pembiayaan, mereka sudah bekerja sama dengan pihak Asia Infrastructure Investment Bank (AIIB).

Direktur Utama ITDC Abdulbar M.Mansoer menargetkan sirkuit di Mandalika dapat digunakan untuk ajang MotoGP pada tahun 2021.

"Kami Oktober ini sudah memulai pembentukan jalan. Ada beberapa terowongan yang saya buat karena harus disambung-sambung. Nanti, 2020 sudah lebih rapi," tutur Abdulbar.

"Kita punya waktu dua tahun dan semua berharap bisa selesai tepat waktu agar bisa menyelenggarakan balapan pada 2021," tutur dia. (Doddy Wiratama)

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BolaSport
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.