Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masih Berusia 24 Tahun, Pebulu Tangkis Putri China Putuskan Pensiun

Kompas.com - 13/02/2019, 17:18 WIB
Nugyasa Laksamana,
Tri Indriawati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pebulu tangkis tunggal putri China, Sun Yu, memutuskan untuk pensiun meski usianya relatif masih muda, yakni 24 tahun.

Keputusan Sun Yu pensiun dari dunia yang membesarkan namanya dinyatakan lewat media sosial yang dikutip Kompas.com dari Badminton Indonesia.

Sun Yu mengenang kariernya sebagai pebulu tangkis dalam sebuah tulisan, mulai ketika dia masih kecil, masuk tim nasional, hingga menjadi bagian dari keberhasilan tim putri China menjuarai Piala Uber.

Baca juga: IBL Layangkan Surat Penolakan Resmi kepada Pelita Jaya

Sebelumnya, Sun Yu memang sudah pernah menyatakan pensiun pada Agustus 2018. Namun, ia mengaku benar-benar sepenuhnya lepas dari bulu tangkis pada tahun 2019 ini.

Sun Yu mengaku keputusannya pensiun tak terlepas dari persoalan cedera yang telah dialaminya.

"Saya sangat berterima kasih kepada pelatih yang mengajarkan saya dengan sabar. Namun, saya harus melepaskan olahraga yang saya sukai ini karena efek kumulatif semua cedera yang saya dapatkan dalam 17 tahun terakhir," tulis Sun Yu.

"Sekarang tahun 2019, dan hari ini saya mengumumkan pengunduran diri saya dari olahraga yang telah saya jalani selama 19 tahun. Hidup akan terus berjalan, saya akan terus mengerjakan hal-hal yang berhubungan dengan bulu tangkis."

Sun Yu lahir di Dalian, Liaoning, China pada 28 Februari 1994. Pencapaian tertingginya yakni menduduki peringkat keempat dunia pada Maret 2017.

Ia turut menjadi bagian dari tim putri China saat menjuarai Piala Uber edisi 2014 dan 2016.

Dari segi torehan pribadi, tak banyak gelar yang ia dapatkan. Namun, salah satunya dia pernah menjuarai Singapore Open 2015 dengan mengalahkan Tai Tzu Ying (Taiwan).

Baca juga: Sepatu, Tantangan Terbesar Olahraga Basket di Indonesia

Eks pelatih kepala China, Li Yongbo, pernah menyebut Sun Yu sebagai salah satu prospek cerah tunggal putri China penerus Li Xuerui, Wang Shixian, dan Wang Yihan.

Namun pada 2017, Sun Yu menderita cedera lutut serius sehingga menyulitkan dia untuk bergerak di lapangan.

Setelah mendapatkan perawatan, Sun Yu memang bisa kembali berkompetisi. Akan tetapi, dia tidak meraih hasil memuaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com