Mengenang Penyelamatan Spektakuler Gordon Banks

Kompas.com - 12/02/2019, 17:58 WIB
Penyelamatan spektakuler Gordon Banks saat Piala Dunia 1970 Penyelamatan spektakuler Gordon Banks saat Piala Dunia 1970

 


LONDON, Kompas.com - Penjaga gawang timnas Inggris saat merebut Piala Dunia 1966, Gordon Banks meninggal dunia pada usia 81 tahun akibat kanker yang diidapnya.

Banks meninggal dunia dengan ditunggui oleh keluarganya,  isterinya Julia serta ketiga anak mereka, Julia, Robert dan Wendy. Kesehatan Banks memang meurun drastis dalam beberapa pekan terakhir.

Saat menjalani proses kemoterapi, beberapa mantan rekannya di Stoke City sempat mengunjungi rumahnya di Madeley dan berharap ia segera pulih. Pihak manajemen Stoke juga membenarkan berita buruk ini sekaligus mengucapkan dukacita buat keluarga penjaga gawang terbaik mereka.

"Kami merasa sangat kehilangan, namun kami memiliki banyak kenangan indah bersamanya dan sangat bangga kepadanya," demikian pernyataan resmi Stoke.

Banks dianggap sebagai penjaga gawang terbaik Inggris, bahkan masuk dalam deretan penjaga gawang terbaik sepanjang sejarah sepakbola dunia. Puncak prestasinya adalah saat membawa timnas Inggris merebut Piala Jules Rimet dengan mengalahkan Jerman Barat 4-2 di final yang berlangsung di stadion Wembley, Inggris.

Pada Piala Dunia 1970, Inggris memang kehilangan gelarnya. Namun di Meksiko, Banks membuat suatu penyelamatan yang disebut sebagai "penyelamatan terbaik abad ini." Banks mampu menepis bola sundulan legenda Brasil, Pele yang sudah melewati dirinya dan mengarah ke gawang yang kosong. Pele dan beberapa pemain Brasil lainnya bahkan sudah mengangkat tangan untuk merayakan gol.

Banks pernah memperkuat Chesterfield dan Leicester sebelum bergabung dengan Stoke pada 1967. Ia juga membawa Stoke menjuarai Piala Liga pada 1972 sebelum mengundurkan diri karena mengalami cacat kehilangan sebelah matanya akibat kecelakaan mobil.

Mantan kapten timnas Inggfris, Gary Lineker mengaku sangat kehilangan. "Oh tidak. Gordon Banks, pahlawan sejati bagi saya telah meninggal dunia.  Dia salah satu penjaga gawang terbaik sepanjang waktu dan orang yang sangat menyenangkan. #RIPGordon."




Close Ads X