Valentino Rossi Fokus pada Konsumsi Ban di Hari Kedua Tes Pramusim

Kompas.com - 07/02/2019, 23:08 WIB
Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.www.motogp.com Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi.

KOMPAS.com - Konsumsi ban menjadi perhatian utama pebalap Monster Energy Yamaha MotoGP, Valentino Rossi, saat menjalani hari kedua tes pramusim MotoGP 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, Kamis (7/2/2019).

Pebalap Italia itu meraih posisi keenam dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 56,625 detik pada sesi uji coba hari ini. Dia total melahap 51 putaran.

Rossi mencatatkan waktu lap 0,728 detik lebih lambat dari rekan satu timnya, Maverick Vinales, yang menjadi pebalap tercepat pada tes hari kedua.

Rossi mengatakan bahwa timnya sedang fokus pada persoalan konsumsi ban pada tes pramusim di Sepang. Sebab, dia tidak ingin insiden terjatuh saat sedang memimpin balapan di MotoGP Malaysia 2018 kembali terulang.

"Saya lebih sering menggunakan ban bekas, tetapi saya tidak melakukan long run karena terlalu panas," kata Rossi yang dikutip BolaSport.com dari Motorsport.

Baca juga: Valentino Rossi Belum Puas dengan Mesin Yamaha untuk Musim 2019

"Kami kerap kesulitan pada situasi ini pada tahun 2018, tetapi sepertinya sekarang membaik. Saya merasa kami masih perlu memperbaikinya," ucap dia melanjutkan.

Meski tidak melakukan simulasi balapan, pemegang sembilan gelar juara dunia itu tetap puas dengan hasil tes hari ini.

"Tentu untuk memastikannya, kami harus melakukan simulasi balapan, tetapi kami harus melakukan 20 putaran. Namun, suhunya harus 20 derajat lebih rendah," ujar Rossi.

"Hari ini juga cukup positif, kami terus bekerja untuk meningkatkan ini, ban, grip belakang, bagi saya tidaklah buruk. Hari ini saya juga menemukan sesuatu yang cukup bagus," kata dia lagi.

Selain soal konsumsi ban, Valentino Rossi mengatakan bahwa timnya juga bekerja di bagian mesin, akselerasi, dan pengereman pada tes pramusim Sepang.

Yamaha juga tengah mengerjakan elektronik untuk mengurangi spin alias selip di ban belakang. (Samsul Ngarifin)

 

 



Close Ads X