Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Indonesia Masters, Penampilan Terakhir Liliyana Natsir

Kompas.com - 21/01/2019, 16:07 WIB
Tjahjo Sasongko

Penulis

JAKARTA, Kompas.com -  Turnamen bulu tangkis Daihatsu Indonesia Masters 2019 akan digelar di Istora Gelora Bung Karno Jakarta,  22-27  Januari dan akan menjadi penampilan terakhir Liliyana "Butet" Natsir sebagai pemain.

Daihatsu Indonesia Masters 2019,  turnamen level Super 500 ini akan berhadiah 350 ribu dolar AS atau sekitar 4.9 milyar rupiah. Turnamen akan diikuti para atlet terbaik dunia dari 20 negera.

Ketua panitia, Achmad Budiarto dalam konferensi pers di Hotel Sultan, jakarta, Senin (21/01/2019) menyebut  ada dua negara yang memutuskan mundur dari keikutsertaan. "Peserta dari Belanda dan Kanada menarik diri, namun digantikan oleh peserta dari Belgia dan Austria. Sampai saat ini kami masih menunggu kepastian keikutsertaan peserta dari Amerika Serikat," kata Budiarto.

Di antara paserta peringkat dunia yang akan tampil di Istora GBK antara lain Chen Long, Lin dan dan Shi Yuqi dari China, Viktor Axelsen  (Denmark), Nozomi Okuhara (Jepang) serta ganda campuran utama asal China, Li Junhui/Liu Yuchen.

Sementara tim tuan rumah akan mengandalkan para panggota pelatnas utama seperti ganda putra Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting dan ganda campuran kesayangan publik Istora, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Bagi pasangan Kevin/Gideon dan Anthony Sinisuka Ginting ini merupakan kesempatan mengulang keberhasilan tahun lalu saat mereka keluar sebagai juara.

Juara tahun lalu, Anthony Sinisuka Ginting mengaku optimistis dapat mempertahankan gelarnya. Menurutnya, kekalahan dari Chen Long di ajang Malaysia Masters pekan lalu lebih disebabkan kesalahan strategi. "Saya dan Jonatan jelas ingin tampil baik. Chen Long sendiri sebenarnya penampilannya tak berubah. Namun seperti kata saya,  hasil di lapangan di tentukan oleh kesiapan mental, fisik dan kemampuan kita menerapkan strategi yang tepat," kata Ginting.

Sementara buat ganda Tontowi/Liliyana, turnamen ini merupakan momen terakhir mereka berpasangan. Usai turnamen ini, Liliyana Natsir sudah memutuskan untuk mundur sebagai pemain.  

Karena itulah, panitia dan PP PBSI sudah menyiapkan suatu farewell party buat Butet pada saat sebelum berlangsungnya partai final pada Minggu (27/01/2019). "Kita akan membuat semacam seremoni perpisahan buat Butet yang akan dimulai pukul 12.00," kata Kepala Bidang pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Susy Susanti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com