Kalahkan Wahyu/Ade, Pasangan Jepang Tantang Marcus/Kevin - Kompas.com

Kalahkan Wahyu/Ade, Pasangan Jepang Tantang Marcus/Kevin

Kompas.com - 17/01/2019, 16:07 WIB
 Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf SantosoBADMINTON INDONESIA Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pasangan ganda putra asal Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, sukses menaklukkan Wahyu Ade Arya Pangkaryanira/Ade Wahyu Santoso (Indonesia) pada laga babak kedua Malaysia Masters 2019, Kamis (17/1/2019).

Inoue/Kaneko yang merupakan unggulan ke-7 pada turnamen ini, mengalahkan Wahyu/Ade dengan skor 19-21, 30-29, 21-18 dalam waktu 85 menit.

Dengan demikian, Inoue/Kaneko berhak melaju ke perempat final dan akan menghadapi pasangan nomor satu dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang sudah lolos lebih dulu.

Jalannya pertandingan

Pada laga gim pertama, Inoue/Kaneko tampil cukup mendominasi. Mereka sanggup melancarkan tekanan melalui pukulan-pukulan tajam yang sulit diantisipasi Wahyu/Ade.

Skor laga memang sempat imbang 8-8, tetapi Inoue/Takuto kembali meraih ritme permainan mereka untuk memimpin 11-9 atas Wahyu/Ade.

Setelah jeda interval, Wahyu/Ade ternyata berhasil mengubah keadaan. Melalui permainan cekatan, mereka sukses berbalik unggul 16-15.

Baca juga: Optimisme Melanda Tunggal Putri Indonesia Setelah Fitriani Juara

Selanjutnya, kedua pasangan silih berganti mencetak angka, tetapi gim pertama akhirnya dimenangi Wahyu/Ade dengan skor 21-19.

Memasuki awal gim kedua, Inoue/Kaneko dan Wahyu/Ade sempat bersaing sengit. Namun setelah itu, pasangan Jepang bermain lebih apik dan menorehkan keunggulan 10-4.

Inoue/Kaneko terus mendulang angka. Mereka pun menambah keunggulan mereka atas Wahyu/Ade menjadi 17-12.

Akan tetapi, di luar dugaan Wahyu/Ade mampu bangkit. Tempo permainan cepat dan pukulan-pukulan keras yang dilancarkan membuat Inoue/Kaneko keteteran.

Hasilnya, Wahyu/Ade berhasil menyamakan kedudukan laga menjadi 17-17. Hal ini menumbuhkan harapan bagi pasangan Indonesia.

Pertandingan pun semakin sengit dan menegangkan. Kedua kubu saling bergantian mencetak poin hingga papan skor menunjukkan angka 29-29.

Namun, pukulan Ade yang out memastikan kemenangan 30-29 untuk Inoue/Kaneko pada gim kedua, dan laga pun harus ditentukan lewat rubber game.

Baca juga: Malaysia Masters 2019, Greysia/Apriyani Senang Bertemu Yulfira/Jauza

Berdasarkan peraturan pertandingan BWF, 30 merupakan raihan poin maksimal dalam satu gim.

Pada gim penentuan, Inoue/Kaneko enggan membuang kesempatan. Setelah jeda interval, strategi mereka sukses meredam Wahyu/Ade.

Selain itu, Inoue/Kaneko juga diuntungkan dengan sejumlah kesalahan yang dilakukan sang lawan. Pertandingan gim penentuan akhirnya dimenangi Inoue/Kaneko dengan kedudukan 21-18.

Pada perempat final, Inoue/Kaneko akan menghadapi Marcus/Kevin yang lolos lebih dulu berkat kemenangan retired atas pasangan Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh.



Close Ads X