Kalahkan Wahyu/Ade, Pasangan Jepang Tantang Marcus/Kevin

Kompas.com - 17/01/2019, 16:07 WIB
 Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf SantosoBADMINTON INDONESIA Wahyu Nayaka Arya Pankaryanira/Ade Yusuf Santoso

KUALA LUMPUR, KOMPAS.com - Pasangan ganda putra asal Jepang, Takuto Inoue/Yuki Kaneko, sukses menaklukkan Wahyu Ade Arya Pangkaryanira/Ade Wahyu Santoso (Indonesia) pada laga babak kedua Malaysia Masters 2019, Kamis (17/1/2019).

Inoue/Kaneko yang merupakan unggulan ke-7 pada turnamen ini, mengalahkan Wahyu/Ade dengan skor 19-21, 30-29, 21-18 dalam waktu 85 menit.

Dengan demikian, Inoue/Kaneko berhak melaju ke perempat final dan akan menghadapi pasangan nomor satu dunia asal Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang sudah lolos lebih dulu.

Jalannya pertandingan

Pada laga gim pertama, Inoue/Kaneko tampil cukup mendominasi. Mereka sanggup melancarkan tekanan melalui pukulan-pukulan tajam yang sulit diantisipasi Wahyu/Ade.

Skor laga memang sempat imbang 8-8, tetapi Inoue/Takuto kembali meraih ritme permainan mereka untuk memimpin 11-9 atas Wahyu/Ade.

Setelah jeda interval, Wahyu/Ade ternyata berhasil mengubah keadaan. Melalui permainan cekatan, mereka sukses berbalik unggul 16-15.

Baca juga: Optimisme Melanda Tunggal Putri Indonesia Setelah Fitriani Juara

Selanjutnya, kedua pasangan silih berganti mencetak angka, tetapi gim pertama akhirnya dimenangi Wahyu/Ade dengan skor 21-19.

Memasuki awal gim kedua, Inoue/Kaneko dan Wahyu/Ade sempat bersaing sengit. Namun setelah itu, pasangan Jepang bermain lebih apik dan menorehkan keunggulan 10-4.

Inoue/Kaneko terus mendulang angka. Mereka pun menambah keunggulan mereka atas Wahyu/Ade menjadi 17-12.

Akan tetapi, di luar dugaan Wahyu/Ade mampu bangkit. Tempo permainan cepat dan pukulan-pukulan keras yang dilancarkan membuat Inoue/Kaneko keteteran.

Hasilnya, Wahyu/Ade berhasil menyamakan kedudukan laga menjadi 17-17. Hal ini menumbuhkan harapan bagi pasangan Indonesia.

Pertandingan pun semakin sengit dan menegangkan. Kedua kubu saling bergantian mencetak poin hingga papan skor menunjukkan angka 29-29.

Namun, pukulan Ade yang out memastikan kemenangan 30-29 untuk Inoue/Kaneko pada gim kedua, dan laga pun harus ditentukan lewat rubber game.

Baca juga: Malaysia Masters 2019, Greysia/Apriyani Senang Bertemu Yulfira/Jauza

Berdasarkan peraturan pertandingan BWF, 30 merupakan raihan poin maksimal dalam satu gim.

Pada gim penentuan, Inoue/Kaneko enggan membuang kesempatan. Setelah jeda interval, strategi mereka sukses meredam Wahyu/Ade.

Selain itu, Inoue/Kaneko juga diuntungkan dengan sejumlah kesalahan yang dilakukan sang lawan. Pertandingan gim penentuan akhirnya dimenangi Inoue/Kaneko dengan kedudukan 21-18.

Pada perempat final, Inoue/Kaneko akan menghadapi Marcus/Kevin yang lolos lebih dulu berkat kemenangan retired atas pasangan Thailand, Kittinupong Kedren/Dechapol Puavaranukroh.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X