Kompas.com - 07/01/2019, 00:05 WIB
Mike James Mike James


MILAN, Kompas.com - Atlet bola basket asal AS, Mike James mengaku mengalami pelecehan rasial oleh kepolisian kota Milan ketika ia dan dua temannya tengah berjalan-jalan di kota tersebut.

James, seorang Afro-Amerika yang bermain untuk klub Olimpia Milano mengaku ia dan dua temannya ditodong dengan senjata oleh oknum polisi kota MIlan. Melalui akun  twitter-nyua ia menulis,"saya dan dua teman saya dicegat oleh polisi dan ini terjadi di negara Eropa."

"Polisi menghentikan kami di tengah-tengah sekitar 50 orang yang sedang lalu lalang.  Turun dari mobil, polisi itu meminta saya menunjukkan  tanda identitas," tulis James.

Jurubicara Carabinieri (polisi Italia) membantah melakukan tindak pelecehan rasial. Mereka menyebut hanya melakukan  pemeriksaan rutin. Satu dari tiga oknum polisi menghentikan James sambil membawa sepucuk senjata semi ototmatis M12, sementara dua rekannya membawa pistol.

"Senjata M12 telah kami gunakan selama bertahun-tahun dan masyarakat telah mengetahuinya," kata jurubicara polisi. "Kami meminta ia memperlihatkan surat-surat. Bagi kami ini bukan hal luar biasa dan tidak ada masalah di sini."

Polisi juga menolak disebut memaksa melakukan pemeriksaan di  hadapan  lebih dari 50 pejalan kaki. "Mereka  hanya melintas saat pemeriksaan dijalankan," katanya. Ia juga menyebut  bahwa saat itu polisi juga melakukan pemeriksaan terhadap orang lain.

James, 28,  sebelumnya pernah bermain di liga bola basket NBA bersama Phoenix Suns dan New Orleans Pelicans.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.