Kompas.com - 31/12/2018, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Tahun 2018 menjadi tahun yang sibuk untuk Indonesia. Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah dalam dua ajang terbesar di Asia, yaitu Asian Games dan Asian Para Games.

Selain itu, pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memecahkan rekor pada 2018.

ASIAN GAMES 2018

  • Maskot Asian Games

Asian Games 2018 yang digelar di dua kota yaitu di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 memiliki tajuk "Energy of Asia".

"Energy of Asia" terbentang pada keberagaman budaya, bahasa, dan peninggalan sejarah Indonesia. Saat semua elemen ini bersatu, ini akan jadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia.

Pada Juli 2018, Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 memperkenalkan tiga maskot untuk ajang tersebut.

Ketiga maskot tersebut merepresentasikan enegi yang terdapat pada Asian Games.

Karakter Bhin Bhin merepresentasikan strategi dan terinpirasi dari burung cendrawasih. Bhin bhin mengenakan rompi bermotif khas suku Asmat, merepresentasikan asal dari burung cendrawasih.

Karakter Atung terinspirasi dari rusa Bawean yang hanya dapat ditemui di Pulau Bawean, Jawa Timur, dan merepresentasikan kecepatan. Karakter Kaka merepresentasikan kekuatan dan terinspirasi dari badak bercula satu.

  • Upacara Pembukaan Asian Games

Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tepat satu hari setelah perayaan Hari Ulang Tahun Ke-73 Indonesia.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 mengusung budaya khas Indonesia.

Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.