Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaleidoskop 2018, Asian Games, Asian Para Games, Rekor Marcus/Kevin

Kompas.com - 31/12/2018, 11:00 WIB
Hanief Syafi Al Umam,
Jalu Wisnu Wirajati

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun 2018 menjadi tahun yang sibuk untuk Indonesia. Pasalnya, Indonesia menjadi tuan rumah dalam dua ajang terbesar di Asia, yaitu Asian Games dan Asian Para Games.

Selain itu, pasangan pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo memecahkan rekor pada 2018.

ASIAN GAMES 2018

  • Maskot Asian Games

Asian Games 2018 yang digelar di dua kota yaitu di Jakarta dan Palembang pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 memiliki tajuk "Energy of Asia".

"Energy of Asia" terbentang pada keberagaman budaya, bahasa, dan peninggalan sejarah Indonesia. Saat semua elemen ini bersatu, ini akan jadi kekuatan utama yang diperhitungkan dunia.

Pada Juli 2018, Indonesia selaku tuan rumah Asian Games 2018 memperkenalkan tiga maskot untuk ajang tersebut.

Ketiga maskot tersebut merepresentasikan enegi yang terdapat pada Asian Games.

Karakter Bhin Bhin merepresentasikan strategi dan terinpirasi dari burung cendrawasih. Bhin bhin mengenakan rompi bermotif khas suku Asmat, merepresentasikan asal dari burung cendrawasih.

Karakter Atung terinspirasi dari rusa Bawean yang hanya dapat ditemui di Pulau Bawean, Jawa Timur, dan merepresentasikan kecepatan. Karakter Kaka merepresentasikan kekuatan dan terinspirasi dari badak bercula satu.

  • Upacara Pembukaan Asian Games

Upacara pembukaan Asian Games 2018 berlangsung pada 18 Agustus 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, tepat satu hari setelah perayaan Hari Ulang Tahun Ke-73 Indonesia.

Upacara pembukaan Asian Games 2018 mengusung budaya khas Indonesia.

Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG Penari saat pentas di pembukaan Asian Games 2018 di Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (18/7/2018).

Pada upacara pembukaan tersebut, ada penampilan Presiden Joko Widodo bersama motor gede (moge) yang ditampilkan melalui video intro pembukaan Asian Games 2018.

Kemeriahan pembukaan Asian Games juga membuat tagar #AsianGames menjadi trending topic di Twitter.

  • Prestasi Indonesia di Asian Games

Kesuksesan penyelenggaraan Asian Games 2018 juga diberengi dengan pencapaian medali para atlet. Indonesia berhasil menduduki peringkat keempat dengan total perolehan 98 medali.

Keseluruhan medali tersebut terdiri dari 31 medali emas, 24 medali perak, dan 43 medali perunggu. Total medali itu diperoleh Indonesia dari 25 cabang olahraga (cabor).

Klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018 per 2 September 2018.ASIANGAMES2018.id Klasemen akhir perolehan medali Asian Games 2018 per 2 September 2018.

Pencapaian tersebut telah melampaui target yang ditetapkan Presiden, yakni memperoleh 16 medali emas dan masuk 10 besar.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com