Kompas.com - 30/11/2018, 18:10 WIB
Founder of Nusanta Run Christopher Tobing pada sosialisasi Nusanta Run Chapter 6 pada Jumat (30/11/2018) di Jakarta. Pada chapter yang dilaksanakan 7-9 Desember 2018, jarak yang ditempuh adalah 169 kilometer menghubungkan Wonosobo dengan Pantai Sepanjang di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kompas.com/Josephus PrimusFounder of Nusanta Run Christopher Tobing pada sosialisasi Nusanta Run Chapter 6 pada Jumat (30/11/2018) di Jakarta. Pada chapter yang dilaksanakan 7-9 Desember 2018, jarak yang ditempuh adalah 169 kilometer menghubungkan Wonosobo dengan Pantai Sepanjang di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

KOMPAS.com - Wajah Teguh Anantawikrama terlihat semringah. Dengan penuh semangat, pada Jumat (30/11/2018) di Jakarta, ia menjelaskan hobinya berolahraga lari.

"Tahun ini saya enggak ada agenda lari kecuali Nusanta Run Chapter 6," katanya disambut sapaan senang Founder of Nusanta Run Christopher Tobing.

Nusanta Run memang punya gawe besar tahun ini. Pada 7-9 Desember 2018, di bawah naungan Yayasan Lari Nusantara, kembali digelar perhelatan tahunan olahraga lari.

Kali ini, jarak yang ditempuh adalah 169 kilometer dengan rute mulai dari Wonosobo hingga Pantai Sepanjang di Kabupaten Gunung Kidul di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Berawal pada 2013, Nusanta Run sudah mencapai penyelenggaraan kali keenam. Istilah yang digunakan untuk tiap tahap adalah chapter.

(Baca: Nusanta Run, Berlari untuk Kebaikan)

Dalam catatan Christopher, ada 201 pelari yang ikut ambil bagian. Dari jumlah itu, 116 pelari mengambil kategori half course (86 kilometer). Sementara, jumlah sisanya, 85 pelari, menempuh kategori full course atau 169 kilometer.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk orang lain

Irine Maharani (kiri) dan Teguh Anantawikrama (kanan), dua peserta Nusanta Run yang mengikuti seluruh Chapter berlari mulai 2013 hingga kini. Foto diambil pada Jumat (30/11/2018) di Jakarta.Kompas.com/Josephus Primus Irine Maharani (kiri) dan Teguh Anantawikrama (kanan), dua peserta Nusanta Run yang mengikuti seluruh Chapter berlari mulai 2013 hingga kini. Foto diambil pada Jumat (30/11/2018) di Jakarta.

"Di Nusanta Run, pelari berlari untuk orang lain," Christopher yang dalam kesempatan itu didampingi oleh antara lain Irine Maharani (pelari yang mengikuti seluruh chapter Nusanta Run), Head of Sports Partnership Pocari Sweat Gading Santoso Putri, Founder Kampus Guru Cikal Najeela Shihab, dan Officer Strategy & Content Development Telkomsel Agus B Prasetiyono.

Perhelatan Chapter 6 mematok target donasi Rp 2,5 miliar. Dana sebesar itu bakal dimanfaatkan dengan menggandeng Kampus Guru Cikal untuk program Pengembangan Pendidikan Murid Penyandang Disabilitas di Jawa Tengah dan DIY.

"Program akan melakukan intervensi yang kuat bagi penyandang disabilitas untuk bisa menuju pendidikan tinggi," kata Najeela.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.