Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fajar/Rian dan Gregoria Tersingkir, Fitriani Lolos

Kompas.com - 28/11/2018, 14:43 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

KOMPAS.com - Ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto langsung tersingkir pada babak pertama turnamen bulu tangkis Korea Masters 2018. Unggulan utama ini dikalahkan pasangan gado-gado Kim Sa Rang (Korea Selatan)/Tan Boon Heong (Malaysia).

Dalam duel di Gwangju Women’s University, Gwangju, Korea Selatan, Rabu (28/11/2018), Fajar/Rian, yang pekan lalu juara di Syed Modi International Badminton Championship di India, kalah 13-21, 21-18, 12-21.

Hasil negatif juga diraih ganda campuran Alfian Eko Prasetya/Marsheilla Gischa Islami, yang ditempatkan sebagai unggulan kelima. Mereka menyerah 21-19, 20-22, 15-21 dari wakil tuan rumah, Kim Won Ho/Baek Ha Na.

Namun dua pasangan yang lain, Akbar Bintang Cahyono/Winny Oktavina Kandow dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, menang.

Akbar/Winny, unggulan kedelapan, menang 21-17, 21-13 atas Park Byeong Hun/Kim So Yeong (Korea Selatan) dan akan melawan Kim Dukyoung/Chang Ye Na (Korea Selatan), sedangkan Rinov/Pitha (unggulan 4) menang 21-19, 21-16 atas Po Li-Wei/Chang Ching Hui (Taiwan) dan akan bertemu Ko Sung Hyun/Eom Hye Won (Korea Selatan).

Dengan demikian, ada tiga ganda campuran yang lolos ke babak kedua. Kemarin, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, yang merupakan unggulan utama, lebih dulu meraih tiket tersebut.

Sementara itu ganda putri Tania Oktaviani Kusumah/Vania Arianti Sukoco pun harus langsung angkat koper. Melawan unggulan ketujuh dari Taiwan, Hsu Ya Ching/Hu Ling Fang, mereka kalah 14-21, 21-14, 14-21.

Hasil positif diraih Yulfira Barkah/Jauza Fadhila Sugiarto yang mengalahkan ganda putri Taiwan, Lin Wan Ching/Wu Ti Jung, dengan skor 21-12, 21-15. Pada babak kedua, Yulfira/Jauza kembali bertemu wakil Taiwan yang merupakan unggulan ketujuh, Hsu Ya Ching/Hu Ling Fang.

Fitriani melaju, Gregoria tersingkir

Gregoria Mariska Tunjungbadmintonindonesia Gregoria Mariska Tunjung

Sementara itu dari sektor tunggal putri, dua pebulu tangkis andalan Indonesia mengalami nasib yang berbeda. Unggulan keempat, Gregoria Mariska Tunjung, harus angkat kaki lebih cepat setelah kalah 19-21, 21-13, 13-21 dari mantan pemain nomor satu dunia asal China, Li Xuerui.

Hal sebaliknya dialami Fitriani. Bekas tunggal putri terbaik di Tanah Air ini lolos setelah menang 21-15, 21-10 atas pemain tuan rumah, Lee Se Yeon. Pada babak kedua, Kamis (29/11), Fitriani menantang unggulan keenam dari Thailand, Busanan Ongbamrungphan.

Secara keseluruhan, Indonesia meloloskan dua tunggal putri dari empat wakil yang dimiliki. Lyanny Alessandra Mainaky pun lolos setelah menang 22-20, 21-18 atas Bae Ji Won (Korea Selatan). Selanjutnya, Lyanny melawan Jeon Jui (Korea Selatan) atau unggulan ketiga dari Thailand, Nitchaon Jindapol.

Rusydina Antadayu Riodongin tak mampu mengikuti jejak dua rekannya yang lolos. Melawan Kim Hyo Min (Korea Selatan), Rusydina kalah 12-21, 10-21.

Dari sektor tunggal putra, Ihsan Maulana Mustofa lolos setelah menang 21-9, 21-15 atas Chen Shiau Cheng (Taiwan). Pada babak kedua, Ihsan menantang unggulan kedelapan dari Korea Selatan, Lee Dong Keun.

Indonesia memiliki lima wakil tunggal putra pada turnamen level super 300 ini. Panji Ahmad Maulana sudah tersingkir karena kalah 15-21, 11-21 dari unggulan utama, Son Wan Ho (Korea Selatan), sedangkan Shesar Hiren Rhustavito, Chico Aura Dwi Wardoyo dan Firman Abdul Kholik belum bermain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com