Kompas.com - 28/11/2018, 13:43 WIB
Penulis Alsadad Rudi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Para atlet berprestasi Indonesia mengikuti tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang diadakan Badan Kepegawaian Negara (BKN) di Jakarta, Rabu (28/11/2018).

Informasi tersebut disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi melalui akun Twitter-nya, @imam_nahrawi, Rabu siang.

"Smash mpin.. Ayo Pak Eko juga semangat. Itu yang lagi senyum-senyum lihat apa ya? Soal tesnya dikerjain ya jangan buka yang lain. Coba menurut kalian buka apa mereka?! Mungkin lagi baca komen netizen," tulis Imam Nahrawi.

Dari foto-foto yang diunggah Imam Nahrawi maupun akun BKN, para atlet berprestasi yang terpantau ikut tes CPNS di antaranya dua pemain tunggal putra bulu tangkis, Jonatan "Jojo" Christie dan Anthony Sinisuka Ginting serta pasangan ganda bulu tangkis yang kerap dijuluki The Minion, Marcus Fernaldi Gideon dan Kevin Sanjaya Sukamuljo.

Baca juga: 197 Atlet Berprestasi Ikuti SKD CPNS 2018

Tampak pula pasangan ganda campuran bulu tangkis Tantowi Ahmad dan Lilyana Natsir dan atlet angkat besi, Eko Yuli Irawan.

Seperti peserta tes CPNS pada umumnya, para atlet berprestasi yang ikut tes CPNS menggunakan kemeja putih lengan panjang dan celana hitam.

Tes yang diikuti para atlet ini sendiri adalah tes seleksi kompetensi dasar (SKD) untuk formasi atlet berprestasi.

Tes SKD yang diikuti para atlet berprestasi ini merupakan syarat untuk pengangkatan sebagai PNS (kini dikenal dengan istilah Aparatur Sipil Negara) bagi atlet berprestasi.

Baca juga: Marcus/Kevin dan Liliyana Tertarik Terima Tawaran PNS dari Pemerintah

Pengangkatan sebagai ASN merupakan salah satu hadiah dari pemerintah atas prestasi yang mereka torehkan untuk Indonesia, selain bonus uang dan rumah. Tercatat ada 197 atlet berprestasi yabng mengikuti program ini.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin mengatakan, setelah menjadi ASN, para atlet tersebut tetap dapat menjadi atlet olahraga.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Daftar Instansi Paling Banyak dan Paling Sedikit Diincar CPNS

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.