Rinov/Debby Gagal Ikut Jejak Tontowi/Liliyana, Tommy Juga Tersingkir - Kompas.com

Rinov/Debby Gagal Ikut Jejak Tontowi/Liliyana, Tommy Juga Tersingkir

Kompas.com - 08/11/2018, 15:11 WIB
Rinov Rivaldy /Pitha Haningtyas Mentari Rinov Rivaldy /Pitha Haningtyas Mentari

KOMPAS.com - Ganda campuran debutan milik Indonesia, Rinov Rivaldy/ Debby Susanto, harus mengakhiri kiprahnya dalam turnamen bulu tangkis Fuzhou China Open 2018. Langkah mereka dijegal unggulan kedua asal China, Wang Yilyu/Huang Dongping.

Dalam pertandingan babak kedua di Haixia Olympic Sports Center, Fuzhou, China, Kamis (8/11/2018), Rinov/Debby kalah straight game 10-21, 16-21. Alhasil, mereka gagal mengikuti jejak pasangan senior Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang meraih tiket babak perempat final setelah menang 21-4, 21-10 atas Hwi Tae Kim/Kim Hye Jeong (Korea Selatan).

Baca juga: Berita Timnas Indonesia - Diprediksi Tembus Final hingga Jadi Kandidat Juara di Piala AFF 2018

Rinov/Debby merupakan pasangan baru dan ini merupakan turnamen pertama mereka. Namun mereka akan kembali dipisahkan karena Fuzhou China Open hanya dijadikan ajang uji coba dan memberikan pengalaman bagi Rinov untuk merasakan turnamen level atas yang diikuti para pemain top.

Selama ini, Rinov berpasangan dengan Pitha Haningtyas Mentari. Mereka hanya mengikuti turnamen-turnamen level grand prix atau grand prix gold. Ini membuat PBSI memutuskan untuk memasangkan dia dengan Debby sehingga bisa tampil dalam turnamen besar.

Indonesia masih memiliki harapan menambah satu wakil pada babak perempat final. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianto akan beradu kekuatan dengan unggulan ketujuh asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying.

Andai menang, Praveen/Melati yang unggul 2-1 dalam rekor pertemuan dengan Chan/Goh, akan menantang Wang/Huang dalam perebutan tiket ke babak semifinal turnamen level super 750 ini.

Tommy Sugiarto tersingkir

Dari sektor tunggal putra, Indonesia gagal menambah wakil setelah langkah Tommy Sugiarto terhenti. Pemain senior Tanah Air ini gagal melewati hadangan tunggal putra terbaik India, Kidambi Srikanth.

Meski sudah berjuang ekstra keras, Tommy kalah rubber game 21-10, 9-21, 9-21 dari unggulan kelima tersebut. Selanjutnya, Kidambi menghadapi unggulan keempat dari Taiwan, Chou Tien Chen, untuk memperebutkan tiket ke semifinal.

Tersingkirnya Tommy membuat Indonesia hanya mengandalkan Anthony Sinisuka Ginting untuk meraih gelar sektor tunggal putra. Peraih gelar China Open 2018 ini lolos ke perempat final setelah memenangi perang saudara melawan Jonatan Christie dengan skor 22-20, 20-22, 21-11 dan akan unggulan kedua, Shi Yuqi (China).



Close Ads X